Minggu, 04 Maret 2018

"Mengurai Simpul"

"Permasalahan" itu adalah ibarat tali yg tersimpul. Semakin berat permasalahan yg dirasakan otomatis simpul pun semakin rumit dan kompleks. Tetapi "MENGURAI atau TIDAK mau mengurai nya adalah PILIHAN.

Setiap makhluk yg bernyama tentu memiliki permasalahan. Tak hanya manusia, hewan, tumbuhan pun sama.. Tapi dalam tulisan ini, saya membahasnya hanya konteks manusia saja ya.. Hihi.

Pertanyaannya adalah Bagaimana cara untuk mengurai simpulan yg ada didepan mata.. Mari kita lihat langkah berikut:

1."Temukan" ujung simpulan terlebih dahulu, dengan cara: Silahkan anda diam, merenung, sambil perhatikan alur atau arah simpulan.

2. Satu persatu secara "perlahan" lepaskan simpul tersebut sesuai alurnya. Nikmati proses mengurai itu.

3. Bila ditengah perjalanan, menemui simpul yg rumit, "jangan pernah menggunting" simpul dg tujuan guna melepas. Mengapa? Dapat dipersepsikan bahwa anda kurang memiliki rasa sabar, ingin cepat tuntas pdhal bukan itu solusi yg tepat. Bila simpulan itu PUTUS sulit utk disambung kembali. So.. Hati hati akan hal itu

4. Bila perjalanan sudah terasa jauh, upayakan untuk "berhentilah sejenak", diam dan perhatikan alur simpul seperti langkah yg pertama. Mengapa? Terkadang kita butuh merenung sejenak guna menarik nafas. Artinya: analisis kembali semua hal yg sudah dilakukan. Bila jalan yg ditempuh masih salah, rubahlah strategi.

"Mengurai simpul" butuh usaha untuk menguji kesabaran, butuh ketenangan, ketelitian, kecerdasan analisa, percaya diri dan keikhlasan. 

"Selamat Mencoba"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar