Selasa, 10 September 2013

~ Metode Pembelajaran ~



Pada dasarnya dosen adalah seorang pendidik. Pendidik adalah orang dewasa dengan segala kemampuan yang dimilikinya untuk dapat mengubah psikis dan pola pikir anak didiknya dari tidak tahu menjadi tahu serta mendewasakan anak didiknya. Salah satu hal yang harus dilakukan oleh dosen adalah dengan mengajar di kelas. Salah satu yang paling penting adalah performance dosen di kelas. Bagaimana seorang dosen dapat menguasai keadaan kelas sehingga tercipta suasana belajar yang menyenangkan. Dengan demikian dosen harus menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didiknya. Tiap-tiap kelas bisa kemungkinan menggunakan metode pembelajaran yang berbeda dengan kelas lain. Untuk itu seorang dosen harus mampu menerapkan berbagai metode pembelajaran. 

Disini saya akan memaparkan beberapa metode pembelajaran menurut Ns. Roymond H. Simamora, M.Kep yang dapat kita digunakan.

Macam-Macam Metode pembelajaran :
1. Metode Ceramah
Metode pembelajaran ceramah adalah penerangan secara lisan atas bahan pembelajaran kepada sekelompok pendengar untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu dalam jumlah yang relatif besar. Seperti ditunjukkan oleh Mc Leish (1976), melalui ceramah, dapat dicapai beberapa tujuan. Dengan metode ceramah, dosen dapat mendorong timbulnya inspirasi bagi pendengarnya.
Gage dan Berliner (1981:457), menyatakan metode ceramah cocok untuk digunakan dalam pembelajaran dengan ciri-ciri tertentu. Ceramah cocok untuk penyampaian bahan belajar yang berupa informasi dan jika bahan belajar tersebut sukar didapatkan.

Metode pembelajaran diskusi adalah proses pelibatan dua orang peserta atau lebih untuk berinteraksi saling bertukar pendapat, dan atau saling mempertahankan pendapat dalam pemecahan masalah sehingga didapatkan kesepakatan diantara mereka. Pembelajaran yang menggunakan metode diskusi merupakan pembelajaran yang bersifat interaktif (Gagne & Briggs. 1979: 251).
Menurut Mc. Keachie-Kulik dari hasil penelitiannya, dibanding metode ceramah, metode diskusi dapat meningkatkan anak dalam pemahaman konsep dan keterampilan memecahkan masalah. Tetapi dalam transformasi pengetahuan, penggunaan metode diskusi hasilnya lambat dibanding penggunaan ceramah. Sehingga metode ceramah lebih efektif untuk meningkatkan kuantitas pengetahuan anak dari pada metode diskusi.

3. Metode Demonstrasi
Metode pembelajaran demontrasi merupakan metode pembelajaran yang sangat efektif untuk menolong siswa mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan seperti: Bagaimana cara mengaturnya? Bagaimana proses bekerjanya? Bagaimana proses mengerjakannya. Demonstrasi sebagai metode pembelajaran adalah bilamana seorang dosen atau seorang demonstrator (orang luar yang sengaja diminta) atau seorang siswa memperlihatkan kepada seluruh kelas sesuatau proses. Misalnya bekerjanya suatu alat pencuci otomatis, cara membuat kue, dan sebagainya.

Kelebihan Metode Demonstrasi :
a.       Perhatian siswa dapat lebih dipusatkan.
b.      Proses belajar siswa lebih terarah pada materi yang sedang dipelajari.
c.       Pengalaman dan kesan sebagai hasil pembelajaran lebih melekat dalam diri siswa.

Kelemahan metode Demonstrasi :
a.    Siswa kadang kala sukar melihat dengan jelas benda yang diperagakan.
b.   Tidak semua benda dapat didemonstrasikan.
c.   Sukar dimengerti jika didemonstrasikan oleh pengajar yang kurang menguasai apa yang didemonstrasikan.

4. Metode Ceramah Plus
Metode Pembelajaran Ceramah Plus adalah metode pengajaran yang menggunakan lebih dari satu metode, yakni metode ceramah yang dikombinasikan dengan metode lainnya. Ada tiga macam metode ceramah plus, diantaranya yaitu:
a.    Metode ceramah plus tanya jawab dan tugas
b.   Metode ceramah plus diskusi dan tugas
c.    Metode ceramah plus demonstrasi dan latihan (CPDL)

5. Metode Resitasi
   Metode Pembelajaran Resitasi adalah suatu metode pengajaran dengan mengharuskan     mahasiswa siswa membuat resume dengan kalimat sendiri.
Kelebihan Metode Resitasi adalah:
a.  Pengetahuan yang diperoleh peserta didik dari hasil belajar sendiri akan dapat diingat lebih lama.
b.  Peserta didik memiliki peluang untuk meningkatkan keberanian, inisiatif, bertanggung jawab dan mandiri.
 
Kelemahan Metode Resitasi adalah :
a.  Kadang kala peserta didik melakukan penipuan yakni peserta didik hanya meniru hasil pekerjaan orang lain tanpa mau bersusah payah mengerjakan sendiri.
b.   Kadang kala tugas dikerjakan oleh orang lain tanpa pengawasan.
c.       Sukar memberikan tugas yang memenuhi perbedaan individual.

6. Metode Eksperimental
Metode pembelajaran eksperimental adalah suatu cara pengelolaan pembelajaran di mana siswa melakukan aktivitas percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri suatu yang dipelajarinya. Dalam metode ini siswa diberi kesempatan untuk mengalami sendiri atau melakukan sendiri dengan mengikuti suatu proses, mengamati suatu obyek, menganalisis, membuktikan dan menarik kesimpulan sendiri tentang obyek yang dipelajarinya.

7. Metode Study Tour (Karya wisata)
Metode study tour Study tour (karya wisata) adalah metode mengajar dengan mengajak peserta didik mengunjungi suatu objek guna memperluas pengetahuan dan selanjutnya peserta didik membuat laporan dan mendiskusikan serta membukukan hasil kunjungan tersebut dengan didampingi oleh pendidik.

8. Metode Latihan Keterampilan
Metode latihan keterampilan (drill method) adalah suatu metode mengajar dengan memberikan pelatihan keterampilan secara berulang kepada peserta didik, dan mengajaknya langsung ketempat latihan keterampilan untuk melihat proses tujuan, fungsi, kegunaan dan manfaat sesuatu (misal: membuat tas dari mute). Metode latihan keterampilan ini bertujuan membentuk kebiasaan atau pola yang otomatis pada peserta didik.

9. Metode Pengajaran Beregu
Metode pembelajaran beregu adalah suatu metode mengajar dimana pendidiknya lebih dari satu orang yang masing-masing mempunyai tugas.Biasanya salah seorang pendidik ditunjuk sebagai kordinator. Cara pengujiannya,setiap pendidik membuat soal, kemudian digabung. Jika ujian lisan maka setiapsiswa yang diuji harus langsung berhadapan dengan team pendidik tersebut

10. Peer Theaching Method
Metode Peer Theaching sama juga dengan mengajar sesama teman, yaitu suatu metode mengajar yang dibantu oleh temannya sendiri.

11. Metode Pemecahan Masalah (problem solving method)
Metode problem solving (metode pemecahan masalah) bukan hanyasekadar metode mengajar, tetapi juga merupakan suatu metode berpikir, sebabdalam problem solving dapat menggunakan metode-metode lainnya yang dimulaidengan mencari data sampai pada menarik kesimpulan. Metode problem solving merupakan metode yang merangsang berfikir danmenggunakan wawasan tanpa melihat kualitas pendapat yang disampaikan olehsiswa. Seorang dosen harus pandai-pandai merangsang siswanya untuk mencobamengeluarkan pendapatnya.

12. Project Method
Project Method adalah metode perancangan adalah suatu metode mengajar dengan meminta peserta didik merancang suatu proyek yang akan diteliti sebagai obyek kajian.

Dari berbagai metode diatas, silahkan saudara mengkombinasikan beberapa metode tersebut. Sistem SCL (Student Centered Learning) merupakan satu teknik cara mengajar yang menggali potensi kreatifitas mahasiswa dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Bila anda sebagai mahasiswa, kira-kira methode pembelajaran seperti apa yang anda inginkan? Silahkan beri komentar saudara..

Buku acuan : Simamora, Roymond H. (2009). BUKU AJAR PENDIDIKAN DALAM KEPERAWATAN. Jakarta : EGC

258 komentar:

  1. mumpung masuk th ajaran baru, mhn komentarnya terhdapmetode pembejlaran yg saudara sukai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. nama saya Mayang sari prodi IKM A Reg semester 1 kelas 3J kelompok 5, saya lebih suka metode study tour karna menurut saya dengan metode ini kami tdk gampang jenuh, selain mendapat ilmu kami juga mendapatkan pengalaman2 dan kami pun terinspirasi oleh itu. terima kasih

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. nama saya : riska indra aristi
      prodi : ikm a reguler
      semester : 1
      kelas : 2D kelompok 4
      saya lebih suka metode study tour karna bisa menambah wawasan dan tidak gampang bosan. selain itu kami bisa mebambah ilmu pengetahuan alam sekalian refreshing.

      Hapus
    5. nama saya Abdurrahman Hakim prodi IKM A Reg semester 1 kelompok 5, saya lebih suka metode study tour karena menurut saya dengan metode ini kita tidak gampang bosan dan jenuh, dengan ini kita dapat menambah wawasan yang baru dari alam dan dapat memperluas pengetahuan, terima kasih

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum,
    Nama lengkap saya Debby Firman . Prodi PIKES . Kelas B . Saya lebih suka metode Diskusi karena disni ada dua orang Mahasiswa atau lebih untuk berinteraksi saling bertukar pendapat, jadi dengan begitu kami akan saling mempertahankan pendapat dalam pemecahan masalah sehingga didapatkan kesepakatan diantara kami.
    Selain itu , dengan adanya metode diskusi , maka akan tercipta suatu kebersamaan dan loyalitas diantara kami mahasiswa dan saling membantu satu sama lain dalam menyelesaikan tugas atau masalah apapun . Terima kasih .
    wassalam,

    BalasHapus
  4. Nama lengkap saya Yohana Br Nababan,prodi PIKES kelas B. Saya lby suka metode Study Tour karena proses belajar lebih menyenangkan dgn mengunjungi suatu objek. Terimakasih

    BalasHapus
  5. Nama saya fauzia ulfah juaz prodi pikes kelas B, saya lebih suka metode study tour karena dalam belajar bisa cari pengalaman baru dan lebih nyata materi nya. Terima kasih :)

    BalasHapus
  6. nama Fikri mukhti, prodi PIKES kelas IIb.
    menurut saya semua metode pembelajaran yg ada di atas bagus tetapi semua tergantung seseorang yg mengikuti metode apa yg di terapkan oleh seorang pendidik atau dosen karna setiap orang memiliki sifat yg berbeda dan cara berfikir yg beda. Terima kasih :D

    BalasHapus
  7. nama lengkap saya saniati rhodiah,prodi pikes 3b.saya lebih menyukai metode belajar diskusi karena menurut saya dengan metode ini menyadarkan anak didik bahwa masalah dapat dipecahkan dengan berbagai jalan dan bukan satu jalan (satu jawaban saja),Menyadarkan anak didik bahwa dengan berdiskusi mereka saling mengemukakan pendapat secara konstruktif sehingga dapat diperoleh keputusan yang lebih baik dan membiasakan anak didik untuk mendengarkan pendapat orang lain sekalipun berbeda dengan pendapatnya sendiri dan membiasakan bersikap toleran.terimakasih

    BalasHapus
  8. Nama saya AIDO RUFNI, prodi PIKES kelas B.

    Menurut saya, metode yang di berikan sangat lah bagus, saya lebih suka problem solving metode itu "Perlahan Tapi Pasti". Kita harus bisa mengatur waktu dan tempat dimana kita mengatasi masalah yang akan kita selesaikan. karena, dengan cara yang saya gunakan akan lebih mudah dan efektif dalam mengatur waktu, dan belajar membentuk pola fikir yamg kuat untuk pemecahan masalah tersebut.
    Terimakasih :)

    BalasHapus
  9. Nama saya putra apriyan
    Prodi pikes.
    Kelas b.
    Saya lebih suka metode tour karena dengan kita belajar studi tour kita dapat pengalaman belajar yang baru dqn kita bisa membandingakan gi mana belajar di kampus dengan studi di luar kampus.

    BalasHapus
  10. nama lengkap saya deni suhada,saya dari prodi PIKES,kelas B, saya lebih suka metode DISKUSI, karena:dengan belajar secara diskusi akan lebih bagus untuk mahasiswa dan dosen menjadi motifator. karena itu banyak sekali berguna bagi mahasiswa,dalam melatih mental bicara,mempertahankan pendapat,dan terbentuk nya skil.

    BalasHapus
  11. Nama lengkap saya Ismiranti Yuskal.Saya Prodi PIKES kelas B.Saya lebih suka Metode Diskusi Karena Saya lebih suka berinteraksi 1 sama lain dan kita bisa bertukar fikiran dan berbagi wawasan. Sekian

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum,
    Nama lengkap saya Wike Destrialni, saya dari prodi PIKES kelas B, menurut saya metode diatas sama saja. Tergantung bagaimana cara kita mengerti dan mengapresiasikan ilmu yang didapat dari metode apapun dengan baik dan benar. Dan seorang pendidik bisa menciptakan suasana yang nyaman dan berbeda agar orang yang di didik tidak merasakan rasa jenuh dan bosan dalam proses pembelajaran atau pemberian materi. Terimakasih :)
    Wassalam.

    BalasHapus
  13. nama lengkap saya nurma rahmadhani saya dari kelas 2b. menurut saya semua metode sama saja . hanya saja bagaimana cara orang yang dididik merasa nyaman dan mengerti dalam pembelajaran. fokus tidak terlalu penting bagi saya, terlalu fokus juga dapat menimbulkan kebosanan dan jenuh. mungkin pendidik lebih tahu apa mau dari orang yang dididik. jadi dalam belajar hanya butuh kerja sama yang sangat antara orang yang dididik dengan pendidik.

    BalasHapus
  14. Nama lengkap saya irfan. saya prodi pikes, kelas 2B. saya lebih suka metode demontrasi, karena, menurut saya siswa lebih mudah menyerap pelajaran karena langsung di peragakan oleh guru didepan murid, sehimgga pelajaran tersebut mudah untuk diserap maupun di peraktekkan oleh siswa

    BalasHapus
  15. Nama lengkap saya FITRI RAHAYU prodi PIKES kelas B. Saya lebih suka metode ceramah dan diskusi karena dengan menyampaikan secara lisan oleh dosen, mahasiswa akan lebih mudah mengerti dan apabila mahasiswa tidak dapat memecahkan suatu masalah dalam perkuliahan khususnya mata kuliah Pengantar Manajemen Kesehatan maka diadakan metode diskusi.
    Terimakasih !!!

    BalasHapus
  16. Nama lengkap saya NADIA FAIRUZ ROZANA prodi PIKES kelas B .semuah metode sebenarnya sama saja tapi di antara metode tersebut yang lebih saya suka metode ceramah,karna dosen secara langsung menyampaikan dan apabila mahasiswa/i kurang mengerti dapat langsung bertanya .
    terimakasih!!!

    BalasHapus
  17. nama saya WINDHY SAVETRI prodi PIKES kelas B . saya lebih memilih metode study tour. karena kita bisa langsung melihat apa yang sedang dipelajari.

    BalasHapus
  18. Nama saya DESI MAILINDA prodi PIKES kelas B .menurut saya semua metode harus dilakukan dalam pembeljaran karena dalam hidup butuh hal yang berbeda dan begitu pula dalam pembelajaran supaya tidak mudah jenuh dan bosan jadi semua metode perlu dilakukan secara bergantian.

    BalasHapus
  19. Nama saya osy rahmayani prodi pikes 3B.saya memilih Metode Pemecahan Masalah (problem solving method)karna menurut saya metode ini bukan cuma mengajar tapi juga metode berpikir menggunakan wawasan.

    BalasHapus
  20. Nama lengkap saya yogi fernandes prodi PIKES kelas B .semuah metode sebenarnya sama saja tapi metode yang lebih saya suka metode ceramah plus,karna dosen secara langsung menyampaikan dan apabila mahasiswa/i kurang mengerti dapat langsung bertanya,dan cara penggabuangan metode sangat byk mendapat wawasan bukan hanya satu materi ...
    terima kasih

    BalasHapus
  21. Nama saya Elsa Franika prodi PIKES 3B. saya memilih metode ceramah plus dan metode study tour(karya wisata) karna menurut saya metode ceramah plus digbung dengan metode study tour (karya wisata)sangat cocok. kedua metode itu tidak akan membuat mahasiswa menjadi tidak bosan lagi dalam menerima pelajaran dari dosen. apalagi metode ceramah plus juga menggabungkan tanya jawab dan tugas, diskusi dan tugas, juga demonstrasi dan latihan. dengan metode study tour mahasiswa akan bisa mengunjungi suatu objek yang akan memperluas pengetahuan dengan tidak hanya duduk dikelas tetapi bisa langsung turun kelapangan melihat keadaan sekitar. ini juga memberi warna baru dalam metode pembelajaran.

    BalasHapus
  22. Nama lengkap saya rio tri handoko prodi PIKES kelas B .semuah metode sebenarnya sama saja tapi metode yang lebih saya suka metode pariwisata ,karna mengajar dengan memberikan pelatihan keterampilan secara berulang kepada kita, dan mengajak kita langsung ketempat latihan keterampilan untuk melihat proses tujuan, fungsi, kegunaan dan manfaat sesuatu yang kita pelajari
    terima kasih

    BalasHapus
  23. nama saya shinta mutiara darma. saya prodi pikes 3B. saya memilih metode pemecahan masalah (problem Solving Method) karena menurut saya metode ini membuat mahasiswa menjadi lebih aktif dan kreatif dalam mencari solusi masalah dengan mencari data sendiri dan menarik kesimpulan dari data tersebut

    BalasHapus
  24. Nama lengkap saya raja syafwan prodi PIKES kelas B ,saya memilih Metode Pemecahan Masalah (problem solving method)karna menurut saya metode ini sangat bermanfaat dlm pemecahan masalah
    terima kasih

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Nama lengkap saya tengku intan komala sari prodi PIKES kelas B ,saya menyukai metode study tour,karena dalam langkah metode itu mudah dan bisa d pahami bg org yg blum ngerti...
    terima kasih.

    BalasHapus
  27. nama saya Luthfiyyah Maisan saya kelas 3B prodi pikes saya memilih metodde ceramah dan metode demontrasi karna menurut saya dengan metode ceramah saya dapat menambah ilmu pengetahuan dari siapapun itu dan dengan metode demonstrasi saya dapat melatih kepercayaan diri saya dalam menyampaikan yang saya ketahui serta bertukar pikiran dengan semuannya yang sama sama bertujuan untuk menambah ilmu pengetahuan.

    BalasHapus
  28. Nama lengkap saya febby romadhon prodi PIKES kelas B ,saya menyukai metode karya wisata metode ini sangat bangus dan membuat kita nyaman dan mudah di pelajari
    terima kasih

    BalasHapus
  29. Nama saya TIRTA SARI prodi PIKES kelas B . Saya memilih metode diskusi karena bisa membuat mahasiswa lebih aktif dalam bertanya jawab dalam menyampaikan materi pembelajaran.

    BalasHapus
  30. Nama lengkap saya:ERSA SASTRI PUTRI Prodi PIKES kelas B,Saya menyukai metode pembelajaran diskusi karna bagi saya pribadi dalam berdiskusi saya bisa bertukar pendapat dengan teman.terima kasih

    BalasHapus
  31. nama saya sri setiawati kelas 3b prodi pikes saya memilih metode pemecahan masalah dan metode eksperimental
    1.metode pemecahan masalah memicu mahasiswa peka terhadap konflik yang terjadi di lingkungan sekitar yang dapat dijjadikan bahan penelitian,mahasiswa dapat mencari tau tentang penyebab,dampak,dan solusi dari masalah tersebut,sehingga mahasiswa akan mendapat ilmu pengetahuan baru dari suatu objek yang diteliti oleh dirinya sendiri
    2.metode eksperimental
    karena metodi ini membuat mahasiswa untuk berfikir kreatif dan menciptakan suatu hal baru yang bermanfaat untuk dirinya sendiri dan orang lain

    BalasHapus
  32. assalamualaikum..
    nama lengkap saya nova susanti
    kelas 3 b , PIKES
    menurut saya , saya memilih metode ceramah karna dapat mendengar dan tau wawasan lebih luas tentang hakikat kehidupan dari dosen itu sendiri. terima kasih

    BalasHapus
  33. nama saya duma oksanti, saya dari prodi D3 PIKES kelas 3B, menurut saya metode yang digunakan semuanya dibutuhkan dalam proses pembelajaran, karena kalau digunakan dengan 1 metode membuat mahasiswa bosan, jadi harus diselang-seling.

    BalasHapus
  34. nama saya SURIWATI saya dari prodi PIKES kelas 3B,menurut saya metode yang saya pilih ini adalah metode ceramah dan demontrasi,dengan menggunakan metode ini dosen dapat mendorong timbulnya inspirasi bagi mahasiswa,dan dapat menambah wawasan bagi mahasiswa.
    terima kasih .

    BalasHapus
  35. Nama lengkap saya Fitri Diniati Prodi PIKES kelas B,menurut saya dari semua metode ini sangat bagus,tapi saya lebih menyukai metode ceramah plus karena di dalam metode ceramah plus kita bisa belajar tentang tanya jawab,ceramah plus dan tugas, karna dalam proses pembelajaran yang perlu adanya tugas dan latihan, supaya memudahkan dalam program pembelajaran, dan lebih aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. terima kasih

    BalasHapus
  36. nama saya Aghnia septini saya prodi D3 PIKES,kelas 3B menurut saya menyukai metode studi tour (karya wisata), karena dengan mengajak mahasiswa mengunjungi suatu wisata agar mahasiswa tersebut dapat memperluas ilmu pengetahuan dan mahasiswa membuat laporan dan selanjutnya masiswa memprentasekan hasil karya wisatanya didalam kelas.

    BalasHapus
  37. Nama lengkap saya yuni indah lestari Prodi PIKES kelas B,saya lebih memilih metode study tour,saya memilih karena memberikan perasaan tidak jenuh dalam pembelajaran ,dan mudah di pahami
    terima kasih

    BalasHapus
  38. Nama lengkap saya RAHMI ARDILLAH Prodi PIKES kelas B,saya lebih memilih metode CERAMAH PLUS karena dengan metode tersebut pendidik bisa mengetahui siswa yang benar2 ingin belajar.
    terima kasih

    BalasHapus
  39. Terimaksih atas komentar saudara, bila kita kalkulasikan, mayoritas memilih Metode study tour (25.6%) dan minoritas adalah metode eksperiment (2.5%). Sedangkan yang tidak menetukan pilihan (no choice) ada 12.9% dan lebih menyarankan kombinasi dari beberapa metode secara bergantian. Metode diskusi menempoati urutan kedua yaitu 15,3%. Sedangkan metode ceramah dan ceramah plus masih tetap menjadi pilihan 12,9%. Pooling ini bertujuan utk mengetahui pola/keinginan saudara dlm proses metode pembelajaran. Good comment and thanks for your kind attention.

    BalasHapus
  40. Nama saya yuyun perwita sari dari prodi IKM A reg kelompok 3,saya menyukai metode ceramah dan metode tour karena kedua metode ini apabila d gabungkan akan lebih mudah membuat siswa memahami dan mengerti tentang pembahasan masalahnyg d bahas

    BalasHapus
  41. Nama saya yuyun perwita sari dari prodi IKM A reg kelompok 3,saya menyukai metode ceramah dan metode tour karena kedua metode ini apabila d gabungkan akan lebih mudah membuat siswa memahami dan mengerti tentang pembahasan masalahnyg d bahas

    BalasHapus
  42. nama saya fizha wahyuni dari prodi IKM A reg kelompok III kelas III C saya menyukai metode belajar study tour karna dengan metode itu pelajaran lebih mudah diserap dan tidak membosankan untuk diikuti.dengan begitu,untuk membuat sebuah laporan akan lebih mudah karna objek yang dipelajari dilihat secara langsung.

    BalasHapus
  43. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  44. nama saya putri juliani prodi IKM A Reg kelompok III kelas IIC, saya menyukai metode belajar eksperimental karena menurut saya dengan melakukan penelitian atau uji coba pembuktian itu lebih mudah untuk dimengerti karna kita yg melakukan pembuktiannya tersebut.

    BalasHapus
  45. ass.nama saya nanda oktari dari prodi IKM A REG dari kelas IIC, kelompok III metode yang saya sukai adalah dengan cara ceramah karena dengar cara lisan atas bahan pembelajaran kepada sekelompok pendengar untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu dalam jumlah yang relatif besar kalau kita benar-benar mendengarkan pasti akan mendapatkan hasil yang baik malahan sangat baik, dan juga dengan cara tanya jawab,supaya memudahkan dalam program pembelajaran, dan lebih aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran dalam tanya jawab. terima kasih wassalam

    BalasHapus
  46. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  47. Nama lengkap saya AYU DESNITASARY. Prodi IKM A REG Kelas IIC. Kelompok 3. Saya lebih suka Metode Study Tour (Karya Wisata) karena menurut saya metode tersebut sangat efisien dan efektif untuk memperoleh dan menangkap ilmu pengetahuan yg diberikan dengan cepat dimana dengan metode tersebut mahasiswa mengharapkan suasana pembelajaran yg terkesan lebih santai dan komunikatif sehingga mahasiswa merasa tidak adanya tekanan dalam pembelajaran. Metode tersebut juga dapat memberi wawasan yg lebih luas dan mahasiswa dapat melihat secara langsung bagaimana aplikasinya

    BalasHapus
  48. ass.Nama saya Rahmah hayati dari parodi IKM A REG dari kelas IIc,kelompok III.
    Menurut saya semua metode memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing hanya saja tergantung dari sebuah paradigma seseorang memahami nya,namun secara pribadi saya lebih cendrung dengan metode diskusi karena Dengan menggunakan metode diskusi ini siswa dapat mengembangkan sikap toleransi, demokrastis, berpikir kritis, sistematis dalam memecahkan suatu persoalan...

    BalasHapus
  49. ass. saya Nitria Amanda dari Prodi IKM A REG kelas IIC kelompok 3
    Saya lebih suka metode ceramah karena lebih mudah untuk memahami terutama untuk pelajaran yang sulit dimengerti~ terimakasih :)

    BalasHapus
  50. Ass.Nama saya Vella alammiah.s dari prodi IKM A REG kelompok III.
    saya lebih suka metode diskusi menurut saya metode ini dapat mengemukakan pendapat dan memecahkan suatu masalah secara bersama, dari yang tidak tau menjadi tau.

    BalasHapus
  51. Nama saya :SISILIA FRISKA
    Prodi : IKM
    Kelas : 1(satu) A REG
    Kelompok : 3(tiga)
    saya memilih metode diskusi karena menurut saya dengan metode diskusi para mahasiswa dapat mengemukakan pendapat masing-masing mahasiswa juga dapat mengembangkan sikap TOLERANSI, DEMOKRASI, BERFIKIR KRISTIS dan LEBIH SISREMATIS dalam memecahkan suatu masalah atau sebuah kasus.
    TERIMAKASIH

    BalasHapus
  52. assalamualaikum .. nama saya fitriana.mz prodi IKM A REG kel III saya lebih suka metode study tour karena dengan metode ini belajar dapat menyenangkan , dengan metode ini peserta didik dapat mengetahui langsung objek pembelajaran sehingga dapat menambah wawasan , terimakasih :)

    BalasHapus
  53. assalamu'alaikum wr.wb nama saya siti mustanira, prodi IKM A Reguler Kelompok III. Menurut saya,saya lebih suka metode Study Tour. Sebab,peserta dapat mengamati,meneliti dan mengemukakan opini secara langsung. Selain menyegarkan fikiran,juga peserta dapat memperoleh hal-hal baru yang mungkin selama ini belum mengetahui secara lengkap. Terimakasih,Wassalamu'alaikum wr.wb.

    BalasHapus
  54. ass. nama saya manda sari harahap dari prodi IKM A reguler kelas II C kelompok 3 saya lebih suka metode diskusi karena saat pembelajaran dalam diskusi bisa membuat mahasiswa atau mahasiswi itu lebih aktif dan bisa berinteraksi secara baik :) teimakasih

    BalasHapus
  55. ass,nama saya shitiani rezeki dari prodi IKM A reguler kelas IIC kelompok 3.saya lebih suka metode studytour karena dengan metode tersebut mahasiswa bisa mengenalkan secara langsung materi pembelajaran yang akan dlakukan.dan mahasiswa bisa mendiskusikan dan membuat laporan tentang pelajaran tersebut.

    TERIMAKASI :)

    BalasHapus
  56. Ass nama saya nur mitha dari podi IKM A REG kelompok III.
    saya lebih suka metode diskusi karna dengan diskusi kita dapat menambah wawasan dengan luas, diskusi juga dapat saling tukar pikiran dengan sesama kelompok.

    BalasHapus
  57. assalamualaikum wr.wb nama saya nova el pera,prodi IKM A Reguler kelompok III.menurut saya . saya lebi suka dengan metode keterampilan, sebab dengan begitu kita bisa menciptakan sesuatu yang baru ,selain itu dengan pergi ketempat latihan , bisa termotifasi untuk menciptakan hal hal baru.

    terimakasih, wasalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  58. Nama saya zela familta Prodi IKM kelas 1 a reguler kelompok 3 Saya lebih suka metode diskusi karena metode diskusi dapat mengetahui mahasiswa yang aktif dan mempunyai pengetahuan di pelajaran tersebut maupun pengetahuan umum. Terima kasih

    BalasHapus
  59. assalamu'alaikum wr.wb. Nama saya Afrina T.oinan, prodi IKM A Reg,kelas IIC, kelompok 3.
    saya lebih suka Metode Pemecahan Masalah ( problem solving method)dan Metode Eksperimental karena mahasiswa/i di ajak untuk berpikir kritis dalam menghadapi masalah, meluangkan imajinasi berpikir yang lebih luas karena mahasiswa/i mengalami dan membuktikan sendiri apa yang di pelajari, lebih baik dalam menarik kesimpulan dan lebih lama mengingat apa yang di pelajari.
    terima kasih, wassalamu'alaikum.

    BalasHapus
  60. nama saya robiatul usro prodi IKM A REG kelompok 3 saya memilih metode ceramah plus karna dengan metode ini mahasiswa akan melakukan banyak interaksi dengan beberapa mahasiswa lainnya juga... dengan metode ini mahasiswa juga akan mempunyai mental untuk berbicara di depan publik

    BalasHapus
  61. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  62. ass.nama saya deni irawan lubis saya dari prodi IKM A REG, klmpok III,Kelas IIC.. saya lebih suka dengan cara berdiskusi kerena menurut saya cara itu lebih efektif untuk memecahkan suatu masalah dengan perencanaan. terimah kasih wasallam.

    BalasHapus
  63. Assalamu'alaikum wr.wb.
    Nama saya Muhammad rafi, prodi IKM A REG, kelas IIC, kelompok 3.
    Saya lebih suka metode pembelajaran yang kerja sama antara masing-masing individu, yang di sebut DISKUSI, karna selain suatu masalah itu bisa di selesaikan bersama sama kita juga bisa melatihkan diri untuk terbiasa mengikuti sebuah organisasi dalam suatu kelompok kecil maupun kelompok besar.

    BalasHapus
  64. assalamualikum wr.wb
    Nama saya DIAN TIKA RAHAYU, prodi IKM, kelas 1A REG, Kelompok 3
    menurut saya, semua metode yanh di tulis bagus, dan menurut saya semua metode yang ditulis mempunyai kelebihan dan kekurangan,
    misanya metode ceramah mempunyai kelebihan car apenyampain dan memberi inspirasi pembaca,
    sekian dari saya
    terima kasih

    BalasHapus
  65. Dari 46 mahasiswa di A reg kelompok 3 hanya 22 org (47.8%) yg memberikan komentar. kira-kira apa kendalanya? Mayoritas menyukai metode diskusi yaitu 35%, ada 25% yg menyukai metode study tour, sisanya metode ceramah,latihan keteramplan dan problem solving.
    Nb: untuk yg profilnya mhn diberi foto.
    Terimaksih atas komentar saudara. Selamat malam

    BalasHapus
  66. Assalamualaikum
    Nama saya DELSRI RAHMAYANI, prodi IKM, Kelas 1A REG, kelompok 3
    menurut saya metode yang bagus adalah metode diskusi, karna metode ini dapat menuntut mahasiswa untuk lebih kreatif dan aktif dalam proses pembelajaran.
    terimakasih :)
    *Maaf buk tadi mati lampu :D

    BalasHapus
  67. assalamualikum
    Nama saya Masni Elisa, Prodi IKM kelas 1A REG kelompok 5.
    Menurut pendapat saya,saya lebih suka metode diskusi ,karena bisa bekerja sama dengan teman 1 kelompok dan bisa saling bantu membantu .dan dengan berdiskusi kami bisa belajar bersama-sama dan bisa menjadi lebih dekat dan akrab berbagi pendapat dan saran .
    sekian komen saya buk ,assalamualikum wr.wb .

    BalasHapus
  68. assalamualikum wr.wb
    Nama saya ADISTYA AYU. S, prodi IKM, kelas IID REG, Kelompok 4
    Semua orang memilki pemikiran sendiri begitu juga cara untuk belajar atau mengingat sesuatu. Tapi, saya memilih cara belajar menggunakan metode Resitasi karena saya akan lebih mudah mengingat dengan kalimat saya sendiri dibandingkan hanya melihat atau mendengarkan penjelasan saja.
    sekian dari saya
    terima kasih

    BalasHapus
  69. Assalamualaikum
    Nama Mutri Novia,Prodi IKM kelas 1A Reguler kelompok 5.
    Saya lebih suka metode Study Tour (Karya wisata).Karena selain belajar kita juga bisa menambah wawasan dan pengalaman.dimana yang tadinya tidak tahu menjadi tahu.
    terimakasih buk:).
    Assalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  70. Ass..
    Nama saya Zafitri Ramadhini prodi IKM kelas 1A Reg kelompok 5.
    Menurut pendapat saya,saya lebih suka metode berdiskusi. karna dari situ kita dapat memahami pendapat dari satu sama lainnya. terimakasih.
    Ass

    BalasHapus
  71. Assalamualaikum wr.wb
    Nama saya RANI OKTIWANTI, prodi IKM, kelas IID REG, Kelompok 4.
    Saya lebih suka ke metode pembelajaran Peer Theaching Method karena di sini saya sendiri lebih cenderung memahami apa yang teman jelaskan jika kurang mengerti. tapi untuk teman yang mempunyai wawasan dan pemikiran yang luas dan juga cara penyampaiaanya yang mudah di mengerti sehingga mudah untuk dipahami.
    sekian pendapat dari saya..
    terima kasih

    BalasHapus
  72. Assalamualaikum wr.wb
    Nama saya RANI OKTIWANTI, prodi IKM, kelas IID REG, Kelompok 4.
    Saya lebih suka ke metode pembelajaran Peer Theaching Method karena di sini saya sendiri lebih cenderung memahami apa yang teman jelaskan jika kurang mengerti. tapi untuk teman yang mempunyai wawasan dan pemikiran yang luas dan juga cara penyampaiaanya yang mudah di mengerti sehingga mudah untuk dipahami.
    sekian pendapat dari saya..
    terima kasih

    BalasHapus
  73. assalamualikum bu ,nama saya DWIPI NANDA, prodi IKM a REG , kelas 2d kelompok 4 . saya lebih suka metode study tour bukan hanya karna kebanyakan mahasiswea menyukai tour juga karena dalam pemahaman pembelajaran dengan melihat secara langsung dan membuat laporannya itu menurut saya lebih mudah buat dipahami dan diingat . terimakasih bu

    BalasHapus
  74. ass...nama saya dina fitma dri prodi IKM A reg kelas II Dklompok 4 ,, saya lebih menyukai metode diskusi karna menurut saya sendiri metode diskusi lebih efektif dan efesien dlam proses pembelajaran dan dapat menumbuhakn sikap saling kerjasa serta partisipasi satu sama lain...dan menurut saya metode ini juga sbgai ajang saling bertukar pendapat sesama anggota diskusi ..
    maksih .. wss.. :)

    BalasHapus
  75. assalammualaikum.
    nama saya anggun kurnia prodi IKM kelas 1A reguler kelompok 5.
    menurut pendapat saya .saya lebih suka metode study tour.karna lebih menambah wawasan.terimakasih bu'.
    wasalammualaikum

    BalasHapus
  76. assalamualaikum
    nama saya dewi fitria nofitasari prodi IKM 1A reguler kelompok 5.
    menurut saya,saya lebih suka metode berdiskusi karena bisa memahami bahasan tersebut dan bisa melatih diri untuk lebih berani dalam mengeluarkan pendapat.terimakasi buk
    wassalam

    BalasHapus
  77. assalamualaikum
    nama saya syarifah aulia prodi ikm a reguler kelas 2d kelompok 4.
    menurut saya, saya lebih suka metode study tour. alasan saya memilih metode ini karena pembelajaran yang lebih menyenangkan dan mudah di mengerti. terimakasih bu
    wasalamualaikum

    BalasHapus
  78. assalamualaikum wr.wb
    Nama lengkap saya INTAN NURAFNI ZULMI prodi IKM 1A REG kelompok 5 .sbenarnya semuah metode sama saja akan tetapi metode yang lebih saya sukai yaitu metode berdiskusi karna dengan metode itu akan melatih kita agar bisa saling bertukar fikiran mengeluarkan pendapat sesama teman dan akan menambah wawasan jugak akan melatih kita untuk bisa berbicara didepan umum
    terima kasih buk,wassalam :)

    BalasHapus
  79. Assalamualikum wr.wb
    Nama saya Syntia Melantika prodi IKM kelas 1A reguler kelompok 5.
    saya memilih metode diskusi karena menurut saya dengan metode diskusi mahasiswa dapat mengemukakan pendapat masing-masing dan mahasiswa juga dapat mengembangkan sikap Berpikir Demokrasi,dan dapat menambah wawasan dalam memecahkan suatu masalah.
    TERIMAKASIH
    Wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  80. Assalamualaikum WR.WB
    NAMA : TRI UTAMI
    PRODI : IKM
    KELAS :A Reguler
    KELOMPOK : 5
    LEBIH SUKA METODE : METODE PEMECAHAN MASALAH. Karena kita dapat memecahkan masalah dengan cara berfikir dan kita juga dapat menarik sebuah kesimpulan dari sebuah masalah.

    TERIMAKASIH..

    BalasHapus
  81. assalaumaikum
    nama lengkap saya tsm riski saputra prodi ikm a reguler kelas 2d kelompok 4. saya lebih tertarik pada metode study tour. menurut saya metode ini sangat memudahkan mahasiswa untuk meraih nilai yang bagus. terimakasih
    wasalamualikum

    BalasHapus
  82. assalamualaikum wr.wb
    nama lengkap saya REZA REZITA prodi IKM 1A REG kelas II D kelompok 4.saya lebih suka metode diskusi,karna metode diskusi melibatkan beberapa orang untuk memecahkan atau menyelesaikan masalah yang ada,selain itu metode diskusi merupakan pembelajaran yang bersifat efisien.
    terimakasih,wassalam :)

    BalasHapus
  83. Nama lengkap saya JESSICA prodi IKM 1A REG kelompok 5. saya lebih suka metode berdiskusi karena kita dapat bertukar pikiran dengan teman, dan dari situ kita bisa belajar bagaimana cara menerima pendapat sesama kita dan kita menjadi lebih terbiasa tampil untuk memberikan pendapat ataupun menerima pendapat.
    terimakasih bu.

    BalasHapus
  84. Assalamualaikum wr.wb
    Nama lengkap saya Dea Hudiana prodi IKM kelas 1A Reguler Kelompok 5.
    Saya lebih suka metode pembelajaran Eksperimental karena dengan pembelajaran tersebut kita menjadi lebih paham dan mendapat bukti/hasil yang real dari penelitian yang dilakukan.suatu pembelajaran tidak akan sempurna bila hanya dengan pemberian materi secara terus menerus tanpa adanya eksperimen.
    terimakasih buk:)
    Assalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  85. Nama lengkap saya mavizatul hasanah prodi IKM kelompok 5 .semuah metode sebenarnya sama saja tapi di antara metode tersebut yang lebih saya suka metode ceramah,karna dosen secara langsung menyampaikan dan apabila mahasiswa/i kurang mengerti dapat langsung bertanya .
    terimakasih!!

    BalasHapus
  86. Assalamu'alaikum wrwb
    Nama lengkap saya Riri Sriyati,
    prodi IKM A reguler kelas II D Kelompok 4
    saya lebih suka metode Diskusi
    Karena diskusi melatih diri kita untuk menjadi berani mengemukakan pendapat serta ide, mengembangkan pengetahuan, memecahkan suatu permasalahan secara bersama, memupuk sikap saling menghargai ketika memberi pendapat dan kritikan.
    sekian dari saya buk
    Assalamu'alaikum wrwb

    BalasHapus
  87. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  88. assalamualaikum
    Nama: Lidia Sartika
    prodi;IKM
    kelas;2D kelompok 4
    saya lebih suka metode kerja kelompok,karena menggunakan metode kerja kelompok itu lebih santai belajar nya dan tidak cepat membosankan dikelas tersebut.
    sekian dari saya buk.
    assalamualaikum

    BalasHapus
  89. assalamualaikum buk..
    nama:lila ema elita
    prodi:IKM
    Kelas:1A REG
    Kelompok:5
    pendapat saya buk,,saya lebih menyukai metode ceramah plus,,
    sesuai dengan judul nya yaitu ceramah plus..
    banyak kelebihan-kelebihan yang terkandung di dalam nya
    seperti tanya jawab dan tugas,diskusi dan tugas,dan demonstrasi dan latihan,,
    dengan cara itu mahasiswa bisa lebih mengerti dan termotifasi dan tidak berbuat curang,,karena mahasiswa di tuntut untuk memahami bahan yang sedang di bahas,dan jika masih ada yang belum di mengerti dapat langsung di tutupi dengan diskusi,dan mencari solusinya,agar mendapatkan nilai yang lebih memuaskan,,
    terima kasih buk..
    assalamualaikum...

    BalasHapus
  90. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  91. Assalamualaikum,, Nama lengkap saya devi anggraini, prodi ikm a reguler kelas 3j,kelompok 5,saya lebih suka metode diskusi karena dalam berdiskusi itu, kita mampu bertukar fikiran, menambah wawasan, lebih saling memahami, dan lebih bebas mengeluarkan pendapat, bahkan bukan hanya itu saja, kita juga mampu meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan pemecahan masalah, serta menemukan kesepakatan dalam berdiskusi, saling berinteraksi dan saling mengeluarkan pendapat masing-masing. Wasalamualaikum.

    BalasHapus
  92. Assalamualikum wr.wb.
    nama lengkap saya Anisa Auliani dari prodi IKM A Reg, kelas 3J, dari kel 5. Saya lebih suka metode problem solving (metode pemecahan masalah)karena dengan metode tersebut dapat merangsang cara berpikir mahasiswa untuk lebih pro aktif dalam mencapai tujuan pengajaran yaitu dengan menarik kesimpulan yaitu hasil dari pemecahan masalah tersebut.terima kasih, wassalamualikum Wr.Wb.

    BalasHapus
  93. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama lengkap saya fauzan febri ramadhan prodi IKM A reguler kelas 3J , kelompok 5.semua metode sebenarnya sama saja tapi metode yang lebih saya suka metode study tour, karna mengajar dengan memberikan pelatihan keterampilan secara berulang kepada kita untuk agar lebih mengerti, dan mengajak kita langsung ketempat latihan keterampilan untuk melihat proses tujuan.
    terima kasih

    BalasHapus
  94. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  95. Assalamualikum wr.wb.
    nama lengkap saya Muhammad nasrol dari prodi IKM A Reg, kelas 3J, dari kel 5.
    saya memilih Metode Study Tour karena Metode study tour Study tour (karya wisata) adalah metode mengajar dengan mengajak peserta didik mengunjungi suatu objek guna memperluas pengetahuan dan selanjutnya peserta didik membuat laporan dan mendiskusikan serta membukukan hasil kunjungan tersebut dengan didampingi oleh pendidik.metode seperti ini lebih baik dah lebih cepat meningkatkan daya pemaham peserta didik, trima kasih.
    wassalamualikum Wr.Wb.

    BalasHapus
  96. Assalamualaikum ....

    Nama : Ravella Yolanda
    Prodi : IKM A Reg
    Kelas : IID

    Kelompok 4 :

    Metode pembelajaran yang saya sukai yaitu metode diskusi karna menurut saya dengan dilaksanakan metode diskusi ini mahasiswa dapat berinteraksi, bertukar pendapat, berpikir kritis dalam memecahkan suatu pokok permasalahan untuk mencapai kesepakan bersama. Sehingga dapat meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan dalam pemecahan masalah.
    thank's

    BalasHapus
  97. assalamualakum.wr.wb
    nama : yosi septiana
    prodi ;IKM
    KELAS ;2D
    KELOMPOK: 4
    Saya lebih suka belajar diskusi,karna belajar diskusi itu lebih cepat mahasiswa/i memahami apa yang dijelaskan oleh dosennya.apabila ada mahasiswa yang kurang megerti bisa tanya langsung ke dosennya,jadi mahasiswa/i bisa memehami pelajaran dan saling berinteraksi satu sama lain.

    BalasHapus
  98. Nama saya leni kristinawati dari Prodi IKM A REG kelompok 3..
    saya memilih metode belajar diskusi karan menurut saya dengan metode ini para mahasiswa akan melakukan proses belajarmengajar dengan lebih efektif lagi..
    terimakasih

    BalasHapus
  99. Assalamualaikum
    Nama lengkap saya Wirda asysyaffa. prodi IKM A Reguler kelas 3j kelompok 5.saya lebih suka metode study tour, karena metode pembelajaran ini tidak membuat saya jenuh melainkan bisa mendapat wawasan yang lebih luas.
    terimakasih buk.
    wassalamualaikum

    BalasHapus
  100. salam sejahtera
    nama saya mesra febrina
    prodi:IKM
    KELAS:2 D
    Kelompok:4
    semester 1

    saya lebih suka mengenai metode pembelajaran dengan diskusi karena dengan metode tersebut materi yang diberikan dapat dengan mudah terselesaikan karena adanya kerjasama antar kelompok
    sekian pendapat saya,terimakasih

    BalasHapus
  101. assalamualaikum wr.wb.
    Nama saya Citra suri ayu rizki prodi IKM A Reguler kelas 111J kelompok 5 saya lebih suka belajar dengan cara diskusi karna dalam diskusi kita bisa mengemukakan pendapat pikiran, dengan belajar diskusi kita juga bisa mengetes mental keberanian kita untuk tampil dan berbicara di dpan umum.
    trimakasih bu .
    wasalam.

    BalasHapus
  102. Nama saya Wanda Dwi Astuti prodi IKM A REG kelompok 5 saya lebih suka metode study tour karena proses belajar-mengajar jadi tidak moniton dan membuat mahasiswa-mahasiswi jenuh dengan metode belajar yang umumnya hanya didalam ruangan. Terimakasih buk.wassalam

    BalasHapus
  103. Nama saya Yuni kristiani saya dari Prodi IKM A REG kelompok 3 memilih metode diskusi karna dengan metode ini menurut saya akan mempermudah para mahasiswa untuk menyelesaikan suatu tugas.. dan akan membuat para mehasiswa memiliki mental/keberanian untuk berbicara di khalayak ramai. terimakasih

    BalasHapus
  104. Nama saya citra aprilla prodi IKM kelompok 5 saya lebih suka metoden study tour karena prosesnya lebih enjoy, apalagi mahasiswa-mahasiswi sekarang lebih suka keadaan luar.

    BalasHapus
  105. Nama saya gatot abimanyu prodi a reguler kelompok 5
    Saya lebih suka metode study tour karena prosesnya lebih nyaman dan tidak membosankan karna mahasiswa mahasiswi sekarang suka dengan pengalaman yang baru

    BalasHapus
  106. Nama saya yeni afiani prodi ikm A reguler kelompok lima
    Saya lebih suka metode study tour karena prosesnya lebih nyaman,tidak membosankan,karena mahasiswa sekarang termasuk saya bosan dengan ruangan..

    BalasHapus
  107. Nama lengkap saya Yulia Adtriani Prodi IKM A REG kelas 2D kelompok 4, saya lebih suka metode diskusi dan metode study tour ,karena dengan berdiskusi kita dapat bertukar fikiran dengan yg lain. dan metode study tour jauh lebih bagus lagi ,karena kita dapat terjun langsung ke lapangan dengan melihat atau mengamati objek pembelajaran yg kita hadapi.serta menambah pengalaman dan wawasan:)

    BalasHapus
  108. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  109. assalamualaikum
    Nama:windy yuliani
    Kelas:2d
    kelompok:4
    prodi:IKM A REG

    saya lebih suka metode study tour karena proses belajarnya lebih santai dan tidak membuat mahasiswa mahasiswi jenuh.dan bisa menambah wawasan karena belajarnya d luar ruangan.
    terimakasih...

    BalasHapus
  110. Nama lengkap saya Nelvia yeni Prodi IKM A REG kelas 2D kelompok 4, saya lebih suka metode study tour ,karna dengan metode ini kita dapat melihat mengamati secara langsung dan pembelajarannya mudah d ingat dan selain itu juga dapat menambah pengalaman terimakasih

    BalasHapus
  111. assalamu'alaikum..
    Nama saya Rianti Anugrah/IKM A REG/ 2D/KEL 4. saya lebih memilih metode latihan keterampilan ini karna menurut saya. kita lebih mengetahui lebih dalam tentang prosesnya, mudah diingat karna dilakukan secara berulang ulang dan juga bisa menciptakan suatu karya seni yang baru.
    terimakasih...

    BalasHapus
  112. Assalamualaikum
    Nama saya Fatris Islami Basri
    Prodi IKM A Reg
    Kelompok 4
    Saya lebih suka metode Study Tour, karena langsung kepada objek, sehingga lebih mudah untuk difahami. Terima kasih buk
    Wassalam

    BalasHapus
  113. Assalamu'alaikum wr.wb buk Hetty
    Nama Saya Ruliana Ningsih dari prodi IKM A reguler kelas II D kelompok 4
    saya suka metode pembelajaran diskusi karena menurut saya dengan cara belajar dskusi kita dapat mengumpulkn beberapa pendapat yg berbeda beda, sehingga disatukan menjadi satu pendapat yang komplit yg disetujui oleh banyak pihak yg brsangkutan, dan dengan diskusipun semua tugas yang dibebankan dapat diselesaikan dengan cepat
    cukup sekian buk
    terimakasih

    BalasHapus
  114. assalamuailakum...
    Nama saya Shela oktalia/Prodi IKM A Reguler kelas 2D Kelompok 4
    saya lebih suka metode study tour(karya wisata)karena metode ini lebih ringan,mudah dimengerti karena dipraktekkan secara langsung.disamping itu juga kita bisa merefreshingkan diri...
    terimakasih buk....

    BalasHapus
  115. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  116. assalamuaikum
    Nama:nofia yulianti
    Kelas:3j
    kelompok:5
    prodi:IKM A REG

    saya suka metode diskusi karena proses belajar nya lebih mudah untuk di mengerti dan mudah untuk di pahami.
    terima kasih.

    BalasHapus
  117. Assalamu'alaikum wr.wb buk Hetty

    Nama lengkap saya :NIRIKE CLASEA
    Dari prodi :IKM A reguler
    kelas :II D
    kelompok : 4

    saya lebih menyukai metode :Diskusi
    karena :Dengan kita berdiskusi kita dapat bertukar fikiran dengan teman - teman untuk memecahkan suatu masalah yang mungkin kita membutuhkan pendapat orang lain sebagai referensi untuk menjawab soal- soal yang rumit dan bisa dengan cepat untuk menyelesaikan tugas - tugas yang di berikan.
    saya rasa cukup sekian buk,wassalamualikum Wr.Wb.

    BalasHapus
  118. assalamu'alaikum wr.wb.
    nama saya m. robby prodi ikm A reg kelas 2c kelompok 3.
    saya lebih menyukai metode diskusi karena lebih menarik dan bnyak menambah pengetahuan.
    wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  119. Nama saya Pramita purnamasary dari Prodi IKM A REG,KELAS 2D,kelompok 4
    Saya memilih metode latihan keterampilan.
    menurut saya metode ini cukup efektif sehingga dapat disimpulkan bahwa "jika peserta didik melihat bagaimana proses terjadinya dari awal hingga akhir maka peserta didik tsb bisa menyimpulkan sendiri tujuan,manfaat,dan fungsi keterampilan dgn jelas apalagi jika dilakukan secara berulang-ulang otomatis dpt teringat

    BalasHapus
  120. assalamuaikum
    Nama:gusti rahayu
    kelas:2d
    kelompok:4
    prodi:IKM A REG


    saya lebih menyukai metode diskusi karena lebih santai dan mudah di mengerti.
    terimakasih.

    BalasHapus
  121. Nama saya Tuti Afriyani Prodi IKM A REG kelas 1 kelompok 5, saya lebih menyukai metode diskusi karena dalam metode ini mahasiswa diajak untuk berfikir dan bertindak kreatif, sehingga merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa dalam sesi tanya jawab sehingga siswa mendapat kesimpulan akan materi tersebut dengan daya ingat yang lebih lama karena terjadi interaksi yang melibatkannya secara langsung. Terimakasih bu, wassalam:)

    BalasHapus
  122. Assalamualaikum buk
    nama : Harleissa sutikno
    kelompok : 4
    semester :1
    prodi : IKM A Reguler


    menurut saya ,saya lebih suka metode pembelajaran secara study tour karena kita langsung melihat dan mengetahui objek yg kita pelajari dan suasana belajar nya tidak hanya terlalu fokus terhadap ruangan yg itu itu saja

    BalasHapus
  123. Nama saya Azva wulandari Prodi IKM A REG kelasw 2d kelompok 4,
    saya lebih suka diskusi karna kita dapat melatih diri kita untuk berani mengungkapkan pendapat sendiri dan berpikir secara tepat,logis dan obyektif.
    Dan dengan berdiskusi kita juga bisa bertukar pikiran,pendapat dan ide sehingga memperoleh pengertian yang tepat dalam menghadapi suatu masalah.
    Terimakasih :D

    BalasHapus
  124. assalamualaikum wr.wb
    nama : Tri wahyu lestari
    kelompok : 4
    semester : 1
    prodi : IKM A Reguler


    menurut saya ,saya lebih memilih metode pembelajaran study tour . karena menurut saya metode ini kita dapat secara langsung mengetahui objek yg akan kita pelajari dan kita lebih dapat mengingat ingat nya

    BalasHapus
  125. assalamualaikum
    nama : muhammad al hafiz
    kelompok : 4
    semester :1
    prodi : IKM A Reguler


    menurut saya ,saya lebih menyukai metode pembelajaran secara diskusi karena kita dapat bertukar pikiran dengan teman kita

    BalasHapus
  126. nama saya elda gustiani,prodi IKM A REG,KELAS 2D,KEL 4
    saya lebih suka metode study tour( karya wisata)
    saya memilih metode ini karna saya lebih suka memahami suatu objek,dan mudah di mengerti,di samping itu jga bisa mereplesingkan pikiran...

    BalasHapus
  127. assalamualaikum
    nama lengkap saya ROMI WAHYUNI prodi IKM 1A REG kelas 3J kelompok 5 saya lebih suka metode belajar diskusi karena menurut saya belajar diskusi itu melatih diri kita untuk menjadi berani mengemukakan pendapat atau ide.
    terimakasih buk.
    wassalam.

    BalasHapus
  128. nama saya wirda fitri,prodi IKM A REG,KELAS 2D,KEL 4
    saya lebih suka metode study tour( karya wisata)
    saya memilih metode ini karna saya lebih suka memahami suatu objek dan juga menyenangkan.
    terimakasih...

    BalasHapus
  129. nama saya wirda fitri,prodi IKM A REG,KELAS 2D,KEL 4
    saya lebih suka metode study tour( karya wisata)
    saya memilih metode ini karna saya lebih suka memahami suatu objek dan juga menyenangkan.
    terimakasih....

    BalasHapus
  130. Nama : HAditya Dimas Primadian(ketua)
    kelompok:4
    Semester :1
    Prodi :IKM A REGULER.

    Menurut Saya.saya lebih memilih metode pembelajaran diskusi.Karena pada saat diskusi berlangsung para mahasiswa dapat berdebat/bertukar pikiran dengan teman mahasiswa lain nya dan dibawah nauangan dosen mata kuliah tersebut>

    BalasHapus
  131. assalamualaikum wr.wb buk
    nama saya nanda eka puta prodi ikm 1A reguker kelompok 5
    metode yg saya sukai metode study tour (karya wisata) karena membuat suasana menarik dan membuat siswa lebih cepat bertambah wawasan nya.

    BalasHapus
  132. Assalamu'alaikum Wr.Wb
    Nama : Syarifa Rahmania
    Prodi : IKM A Reg
    Kelas : 2 D
    Kelompok : 4(empat)

    Menurut saya berdasarkan keterangan di atas saya akan memilih Metode Diskusi karena metode tersebut dapat membuat peserta diskusi :
    -mengemukakan pendapat yang ia punya.
    -menemukan buah pikiran dari berbagai sudut pandang.
    -mengembangkan wacana/bahan yang di bahas secara lebih umum, lebih detail secara bersama-sama.
    -melatih peserta diskusi cara menyampaikan pendapat yang baik dan benar.
    -melatih peserta diskusi menghargai dan menerima pendapat orang lain.
    -melatih loyalitas terhadap peserta diskusi yang lain.
    -mampu mengaplikasi kan apa yang ingin di sampai kan dengan baik dan benar kepada peserta diskusi lain dan kalangan umum.
    -penggunaan waktu yang efektif karena mampu mendapatkan hasil diskusi dengan lebih cepat dan intensif.

    Sekian alasan yang dapat saya sampaikan dari wacana di atas.
    wassalam... :)

    BalasHapus
  133. Nama : Hanny Wijaya
    Kelompok :4
    Semester :1
    Prodi :IKM

    Menurut saya,saya memilih metode pelajaran Study tour.Karena disaat kita belajar kita juga dapat merelaksasikan pikiran kita dengan melihat keindahan alam sekitar.

    BalasHapus
  134. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  135. nama saya ika putri pratiwi,prodi IKM A reg,kelas 1,kelompok 4
    saya memilih metode study tour(karya siswa)
    karena metode ini sangat menyenang kan,dan mudah memahi nya,,
    terimakasih

    BalasHapus
  136. Nama : TRI YULANDA
    Kelompok : 4
    Kelas : 2D
    Prodi : IKM A REG

    metode pembelajaran yang saya pilih yaitu diskusi
    karena dengan metode ini antar mahasiswa/i dapat saling tukar pikiran dan dapat saling berinteraksi satu sama lain dengan baik.
    terimakasih

    BalasHapus
  137. nama nora marika
    lokal 2D
    prodi IKM A REG
    KEL 4
    menurut saya saya menyukai study tour karena apabila selalu dalam ruangan akan menyebabkan rasa bosan bagi maha siswa. sekian bu, trimakasih

    BalasHapus
  138. Nama saya Hajri alfendrah,prodi Ikm A Reg, klpk 5, saya memilih metode, Pemecahan masalah, karena Problem solving merupakan metde yang mransang berfkr sgn mngnkan wawasan,

    BalasHapus
  139. Assalamualaikum

    Nama Saya SRI WAHYU NINGSIH,Prodi IKM A REG,Kelas 3J, Kelompok 5

    Menurut saya metode yang baik adalah metode diskusi karna metode diskusi di dalamnya ada kegiatan tanya jawab sehingga kita dapat bertukar fikiran antara satu dengan lainnya tentang suatu pembelajaran

    terimakasih

    BalasHapus
  140. Nama lengkap saya Via Ancana,
    Program studi IKM A Reguler, Semester 1 kelompok 4 kelas IID kampus stikes hang tuah.
    menurut saya metode pembelajaran yang cocok adalah study tour karena tidak membosakan dan lebih santai.

    BalasHapus
  141. Assalamualaikum Nama lengkap saya Cut Anggie Waya Sirly,dari prodi IKM A reg kelompok 4 stikes hangtuah.
    Menurut saya metode pembelajaran yg saya inginkan metode study tour,karna tidak membosankan dan tidak membuat mahasiswa atau mahasiswi jenuh dan juga lebih sangat santai lagi.Terima kasih

    BalasHapus
  142. Nama saya :Richie Nurza
    Prodi :IKM A REG
    Kelompok :4
    Kelas :IID Stikes Hangtuah

    Metode yang saya pilih metode study tour.Karna supaya tidak boring,Dengan study tour ini kita dapat melihat-melihat sambil mengerjakan tugas.

    BalasHapus
  143. Wah.. sepertinya mayoritas sukanya metode study tour yaa.. meskipun utk metode diskusi dan ceramh jg mendominasi. terimasih atas komentarnya.. selamat malam.

    BalasHapus
  144. nama azmi fadlulloh,prodi IKM A REG,kelas 2D,kelompok 4. saya suka metode study tour (karyawisata)
    karena saya belum pernah merasakan belajar sambil jalan-jalan.. dan ingin merasakan bagaimana rasanya pembelajaran study tour
    terima kasih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. coment nya udh telat.. deadline nya pukul 18.00 (6 sore)

      Hapus
  145. Nama : denny kurniawan, prodi : IKM A REG,
    Kelas : II D(kelompok 4)
    saya suka dengan metode ceramah plus karena metode ceramah plus mengajarkan lebih dari satu metode jadi mahasiswa lebih paham dan teliti terhadap metode pembelajaran, dan saya ingin bertanya apa kelebihan dan kekurangan metode ceramah plus ?
    terima kasih :)

    BalasHapus
  146. Nama : Al ramzy
    prodi : IKM A Reguler
    kelas : II C
    kelompok : 3
    saya lebih memilih metode Eksperimental karena di metode tersebut kita di tuntut untuk melakukan suatu penelitian dan membuktikannya. Dengan begitu, kita akan lebih mudah memahami dan mempelajari dari apa yang telah kita teliti tersebut.

    BalasHapus
  147. Assalamualaikum . Wr wb
    Nama saya Dwi Novitasari , prodi ikm a reg , kelas II A , kelompok 1
    Saya lebih suka metode study tour karena menurut saya metode study tour alasanya belajar tidak mesti di kampus (kelas) . Jadi bisa belajar di luar dan bisa membuka wawasan yang luas yang tidak hanya terfokus di kelas saja , dan terakhir mahasiswa membuat laporan dari penelitian tersebut ..

    BalasHapus
  148. Nama : Juliana Arif
    Prodi : IKM A Reguler
    Kelas : II A
    Kelompok : 1

    Saya lebih suka metode pembelajaran Diskusi karena di metode ini kita bisa bertukar pikiran dan kita bisa lebih mudah dalam memecahkan masalah yang sedang kita bahas.

    BalasHapus
  149. Assalamualaikum . Wr wb
    Nama saya Robby Wahyudi , prodi IKM A Reguler, kelas II A, kelompok 1
    Saya lebih suka metode diskusi, menurut saya dengan metodi ini mahasiswa dituntut untuk bisa berbicara dengan mapan.
    Karena mahasiswa ikm bertujuan untuk memberikan penyuluhan ke masyaraka,oleh karena itu dengan metode diskusi ini siswa bisa belajar berbicara seperti didalam forum resmi.
    Sehingga mahasiswa sudah terbiasa berbicara.

    BalasHapus
  150. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  151. Assalamualaikum wr wb
    Nama saya Intan maya sari , prodi ikm a reg , kelas II a , kelompok 1
    Saya lebih suka metode demonstrasi , alasannya agar kita bisa belajar dengan efektif dan bisa menghasilkan sesuatu dengan baik ....

    BalasHapus
  152. Nama : Anggi aruni sunardi
    Prodi :IKM A REG
    KELAS :IIA
    KELOMPOK :1

    Saya lebih suka pembelajaran dengan metode diskusi, karena mengurangi kebosanan dalam belajar,dengan ada nya pemberian pendapat secara kritis dan masukan-masukan yang belum kita ketahui
    dengan adanya diskusi , kita akan ada kan tanya jawab dengan

    BalasHapus
  153. selamat siang bu, nama saya ikromil hadi, ikm a reg, kelompok 1, ruangan IIA.
    menurut saya Metode pembelajaran diskusi sangat bagus karena melibatkan dua orang peserta atau lebih untuk berinteraksi saling bertukar pendapat, jadi mahasiswanya lebih aktif begitupun dalam pemecahan masalah sehingga didapatkan kesepakatan diantara mereka.
    dan akan meminimkan untuk mahasiswa ngantuk

    BalasHapus
  154. nama :hayyu Deny setiawan
    prodi:IKM A reg
    kelompok:1
    saya lebih suka metode diskusi karna diskusi lebih efektif ,kita bisa sharing antar teman , sehingga kita lebih mudah memahami materi dan dpt memecahkan suatu permasalahan melalui diskusi

    BalasHapus
  155. Assalamualamualaikum,wr.wb
    NAMA:IKHWAL NOVALDI
    PRODI:IKM A REG
    KLAS:IIA
    KEL:1

    Menurutsaya metode pembelajaran yang paling bagus adalah metode diskusi,karna dengan seringnya kita derdiskusi,saling bertukar pikiran antara yang satu dengan yang lainnya,maka kita akan lebih muda menamukan prrmasalahan ataupun inti dari suautu penbelajaran yang kita hadapi.

    BalasHapus
  156. Nama : iqbal khailani
    prodi : IKM A Reguler
    kelas : II A
    kelompok : 1

    menurut saya lebih baik sering diskusi karena mahasiswa d tuntut lebih aktif dan suasana kelas lebih hidup.

    BalasHapus
  157. Nama : Putri wulandari
    Prodi : IKM A REG
    Kelas :II A
    KELOMPOK :1

    saya lebih suka pembelajaran metode diskusi,sebab dalam belajar tersebut kita dapat mengerjakannya bersama-sama dan memecahkan suatu tugas mendapatkan banyak pendapat dari beberapa pihak.

    BalasHapus
  158. Nama : Mia Sari
    Prodi : IKM
    Kelas :II A
    Kelompok: 1
    Metode :Materi Dan Diskusi
    Alasan : Karna dengan metode ini mahasiswa lebih mudah menerima pembelajaran matakuliah itu sendiri

    BalasHapus
  159. assalamualikum,wr.wb
    NAMA:MHD.RIDHO HANDANI
    PRODI:IKM A REG
    KLAS:IIA
    KEL:1
    Menurut saya metode pembelajaran yang paling enak adalah diskusi karna dengan diskusi kita lebih enak membicarakan masalah pembelajaran yang penting dan metode diskusi itu menyelesaikan masalah dengan kelompok.

    BalasHapus
  160. Nama :Linda Ratna Purnama Sari
    Prodi :IKM A REG
    Kelompok : 1
    Saya lebih menyukai metode pembelajaran diskusi karena dengan metode ini antara mahasiswa dan mahasiswi dapat saling tukar menukar pikiran dan dapat saling berinteraksi satu sama lain dengan baik.

    Terimakasih


    BalasHapus
  161. Nama : Nonny Sundari
    Priodi : IKM A REG
    Kelas : II A
    Kelompok : 1 (satu)
    Menurut saya metode diskusi lebih efek digunakan saat pembelajaran karena di metode ini mahasiswa/i dituntut untuk lebih aktif saat proses pembelajaran dan melatih mental untuk mengemukakan pendapat.

    BalasHapus
  162. Assalamualaikumwr wb
    Nama saya Nursaiyah , prodiikm a reg , kelas II a kelompok 1
    Pendapat saya , saya lebih suka eengan metode cramah plus karena banayak kelebihan kelabihan yang terkandung dalam metode ini misalnyaseperti tanya jawab , diskusi , dan tugas , di sini kita bisa menanyakan pertanyaan yang tidak kita ketahui dan menyelesaikannya dengan bersama . Dengan cara iu juga kita lebih memahami dan mengerti dengan pelajaran yang sedang di bahas ..

    BalasHapus
  163. Nama : Filda Wahyuni
    Prodi : IKM A Reguler
    Kelas : II A
    Kelompok : 1
    Metode : Diskusi dan Demontrasi
    Karena menurut saya dengan metode diskusi dan demontrasi akan lebih menyenangkan dibandingkan dosen yang hanya ceramah/memberi materi saja didepan,dan dengan metode ini mahasiswa tidak akan merasa jenuh dengan mata kuliah itu sendiri.

    BalasHapus
  164. nama: ayu nita amelia
    prodi: IKM A Regular
    kelas: II A kelompok 1
    saya lebih suka dengan metode study tour karena kita bisa lebih menambah wawasan pembelajaran,bisa mengetahui pengetahuan lainnya dalam suatu objek dan supaya tidak merasakan bosan dalam belajar.

    BalasHapus
  165. Assalamualaikum wr wb
    Nama saya Ade Rimayani , prodi ikm a reg , kelas II a kelompok 1
    Menurut saya metode ceramah plus , karena di metode ini aa diskusinya , ada ceramahnya , ada tanya jawab dan ada tugasnya juga , jadi enak belajarnya tidak suntuk dan lebih efektif ..

    BalasHapus
  166. Nama : Nur Sri Rahayu
    Prodi : IKM A REG
    Kelas : II A
    Kelompok 1

    saya lebih suka mengenai metode pembelajaran dengan diskusi karena dengan metode tersebut materi yang diberikan dapat dengan mudah terselesaikan karena adanya kerjasama antar kelompok
    sekian pendapat saya,terimakasih

    BalasHapus
  167. Assalamu'alaikum...
    Nama saya Berta Sari Ramadani,prodi IKM A Reg,kelas IIA,kelompok 1...
    Saya lebih suka metode nomor 4 yaitu metode ceramah plus..
    Karena mahasiswa bisa mendapatkan banyak hal..
    Mulai dari penjelasan dosen,diskusi,tugas2 yg nantinya akan bisa didiskusikan bersama,juga bisa mendapatkan latihan2 yg berhubungan dengan topik pembelajaran terkait..
    Sehingga suasana tidak monoton dan membosankan..
    Karena setiap org di dalam kelas dapat terlibat secara aktif..
    Dan antara dosen juga mahasiswa dapat terjalin komunikasi yg baik..

    BalasHapus
  168. Nama : Vioni Gusfaringga
    Prodi: IKM A REG
    kelas: II A
    Kelompok: 1

    menurut saya,saya lebih memilih Metode Study Tour (Karya wisata)
    karena saya lebih suka belajar sambil mengenal langsung apa yg dipelajari,jadi saya lebih bisa mengingat apa yg sudah saya lihat sendiri dengan langsung,dan lebih mengasyikan dgn cara seperti itu agar lebih cepat mengingat.terimakasih.

    BalasHapus
  169. Nama : suwarni
    Priodi : IKM A Reguler
    Kelas : II C
    Kelompok : 3
    saya lebih memilih metode pembelajaran study tour karena
    belajar diluar itu lebih menyenangkan karna bisa melihat langsung objek yang kita tuju dan selain itu memberi wawasan yang luas

    BalasHapus
  170. Assalamualaikum wr wb
    Nama saya Ade Rimayani , prodi ikm a reg , kelas II a kelompok 1
    Menurut saya metode ceramah plus , karena di metode ini aa diskusinya , ada ceramahnya , ada tanya jawab dan ada tugasnya juga , jadi enak belajarnya tidak suntuk dan lebih efektif ..

    BalasHapus
  171. Nama : SRI MARDIAH
    prodi: IKM A REG
    Kelas: II A
    Kelompok : 1
    saya lebih memilih metode diskusi karena di metode ini bisa menjalin kerja sama dalam suatu kelompok dan juga bisa mengajarkan mahasiswa lainnya untuk bisa berani tampil didepan tanpa merasa takut atau gugup.

    BalasHapus
  172. Nama : RETNO SANDI
    prodi : IKM A Reguler
    kelas : II A
    kelompok : 1

    metode :diskusi
    karena dengan metode ini mahasiswa lebih aktif dikelas dan lebih mudah bekerja sama antara satu dengan yang lainnya dan dapat memecahkan suatu masalah.

    BalasHapus
  173. Nama : SELVIANI HASAN
    Prodi :IKM A REGULER
    Kelas : II A
    Kelompok :1
    saya lebih memilih study tour,karna dengan metode ini kita bisa mengamati salah satu objek disana dan suasana disana tidak membikin kita boring.

    BalasHapus
  174. Assalamualaikum.WR.WB.
    Nama saya Desi Marnis, prodi IKM A reg, kelas IIA, kelompok 1.
    Saya lebih suka metode diskusi karna metode diskusi ini tempat dimana kita bisa bertukar pendapat dan dari metode diskusi ini kita bisa mengetahui siapa yg aktif dan siapa yg tidak aktif.

    BalasHapus
  175. Nama: Ria resti
    Prodi: IKM A REG
    kelas: II A
    k3elompok: 1

    saya lebih suka mengenai metode pembelajaran diskusi karena dengan metode diskusi kita bisa mengeluarkan pendapat lebih dari 1 atau 2 orang dan kita juga bisa saling tukar pikiran.
    sekian pendapat dari saya,Terimakasih

    BalasHapus
  176. Nama : FAHRUR ROZIE
    prodi : IKM A Reguler
    kelas : II A
    kelompok : 1

    metode :diskusi
    karena dg berdiskusi mahasiswa lebih mudah mencerna metode pembelajaran.

    BalasHapus
  177. Nama:fitriani awdika
    prodi:IKM A REG
    kelas:II A
    kelompok: 1

    saya lebih suka mengenai metode pembelajaran diskusi karena bisa bertukar pikiran 1 sama lain,dan dengan demikian kita bisa menyelesaikan pembahasan dengan cepat.
    sekian pendapat saya.terimakasih

    BalasHapus
  178. assalamualaikum
    nama saya Nonny Hasriany, prodi IKM A Reguler kelas IIA kelompok 1, saya lebih suka metode pembelajaran study tour karena menurut saya pembelajaran study tour ini kita tidak semestinya didalam kelas dan kita akan lebih mudah mendapatkan ide ide yang pas untuk pemeblajaran kita dan akan lebih mempermudah kita memahami suatu pembelajaran tersebut. sekian komentar dari saya,terimakasih.

    BalasHapus
  179. NAMA:RETNO FITRIYANI
    PRODI:IKM A REGULER
    KELAS:II A KELOMPOK 1

    menurut saya,saya lebih suka dengan adanya metode diskusi, karena dalam metode ini kita lebih menberanikan diri untuk mengeluarkan pendapat,serta dapat bertukar pikiran.

    BalasHapus
  180. Assalamualaikum WR.WB.
    Nama saya Wulandari, prodi IKM A reg, kelas IIA, kelompok 1.
    Saya lebih suka metode diskusi,dengan metode diskusi kita tidak akan mengantuk karena kita sama-sama mencari solusi atau pemecahan dari suatu masalah.

    BalasHapus
  181. NAMA:NOPITA SARI.M
    PRODI:IKM A REGULER
    KELAS:II A KELOMPOK 1
    Saya lebih suka metode diskusi karna metode diskusi ini tempat dimana kita bisa mengeluarkan pendapat di depan orang ramai,dan bisa bertukar pikiran .dan juga bisa berani tampil didepan tanpa merasa takut atau gugup.

    BalasHapus
  182. NAMA:NOPITA SARI.M
    PRODI:IKM A REGULER
    KELAS:II A KELOMPOK 1
    Saya lebih suka metode diskusi karna metode diskusi ini tempat dimana kita bisa mengeluarkan pendapat di depan orang ramai,dan bisa bertukar pikiran .dan juga bisa berani tampil didepan tanpa merasa takut atau gugup.

    BalasHapus
  183. Nama :Sella Mursyida
    Prodi : IKM A REGULER
    Kelas : II A
    Kelompok : 1

    saya lebih memilih Metode Study Tour (Karya wisata)
    karena saya lebih bisa mengenal langsung apa yg saya pelajari dan bisa mengetahui bagaimana metode Metode Study Tour (Karya wisata).terimakasih.

    BalasHapus
  184. NAMA:NOPITA SARI.M
    PRODI:IKM A REGULER
    KELAS:II A KELOMPOK 1
    Saya lebih suka metode diskusi karna metode diskusi ini tempat dimana kita bisa mengeluarkan pendapat di depan orang ramai,dan bisa bertukar pikiran .dan juga bisa berani tampil didepan tanpa merasa takut atau gugup.

    BalasHapus
  185. assalamualaikum wr wb
    nama saya abriansyah putra ,prodi ikm A reguler smster 1 klompok 3
    saya lbih suka ibuk memakai sistem kerja kelompok dan memperbnyak persentasi atau praktek yg trus mnerus karna supaya bisa membangkitkan mental para mahasiswa yg nantinya dpat menjadi lebih terampil dalam bidangnya atau berbicara pada khalayak banyak
    terima kasih buk
    wasalam

    BalasHapus
  186. Nama`````: Siti Nurilah
    Prodi````: IKM A Reguler
    Kelas ```: IIA
    Kelompok : 1

    Metode : Diskusi
    alasan saya memilih metode diskusi, karena metode diskusi adalah metode yang membuat mahasiswa menjadi lebih aktif dalam proses penggalian materi sehingga dalam memecahkan masalah lebih mudah di selsaikan.

    BalasHapus
  187. Nama :melly mulyawati
    Prodi :IKM A Reguler
    Kelas :II A
    Kelompok :1
    Pendapat :Metode pembalajaran yang saya pilih adalah METODE PEMBALAJARAN STUDY TOUR(Karya wisata), karena pembelajaran tidak hanya terfokus di dalam kelas, tetapi dapat juga di lakukan di luar kelas, dengan melakukan metode study tour dapat menghilangkan tingkat kejenuhan mahasiswa terhadap mata kuliah, dan mahasiswa juga dapat turun ke lapangan dan mempratekkan materi pembelajaran, sehingga mahasiswa lebih dapat memahami dan juga bisa menambah pengalaman.

    BalasHapus
  188. Nama : Chaliza Beby Rahayu Putri
    Prodi : IKM A REG
    Kelas : IIA
    Kelompok : 1 (satu)
    Saya lebih suka metode project method karena saya merasa metode itu sejalan dengan program STC di stikes saat ini.

    BalasHapus
  189. assalamualaikum wr wb
    Nama :DESTI SAFITRI
    PRODI :IKM A REG
    KELAS :IIA
    KELOMPOK :1 SATU

    Menurut saya metode yang paling enak adalah study tour karena dengan ,metode ini kita tidak akan bosan untuk belajar dan juga untuk menamba wawasan dan ilmu pengetahuan yang luas
    sekian dari saya ,terimah kasih

    BalasHapus
  190. Nama : Dewi Agustriana
    Prodi : IKM A Reguler
    kelas : IIA
    Kelompok : 1

    metode: ketrampilan
    saya memilih metode ketrampilan karena metode ini sangat efektif untuk mengajarkan mahasiswa untuk memiliki kebiasaan yang lebih terarah dan ketrampilan lebih terasah.
    jadi dengan mengunakan metode ini di harapkan selain para mahasiswa siap dengan materi penyuluhan tentang kesehatanya, mahasiswa juga diharapkan mempunyai skill sebagai tambahn pengalaman dari ilmu.

    BalasHapus
  191. Nama : Hadna dewi
    Prodi : Ikm A REG
    kelompok : 1
    kelas : II A

    saya memilih metode study tour. Karna metode study tour dapt memicu minat mahasiswa untuk proses belajar, dengan proses pembelajaran yang dilakukan diluar ruangan serta memperlihatkan secara langsung objek yang dimaksud.

    BalasHapus
  192. Nama : Yuni astuti
    Prodi : IKM A Reguler
    kelas : IIA
    Kelompok : 1

    menurut saya metode pembelajaran study tour karna selain mendapat ilmu pengetahuan kita juga mendapat pengalaman dan mempererat keakraban dg tman yang lain. itulah manfaat nya

    BalasHapus
  193. Assalamualaikum WR.WB.
    Nama : Wulandari
    Prodi : IKM A reguler
    Kelas : IIA
    Kelompok : 1


    Saya memilih metode diskusi, dengan metode diskusi kita saling mengadu pendapat dan sama-sama mencari solusi atau pemecahan dari suatu masalah.

    BalasHapus
  194. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus