Pada
dasarnya dosen adalah seorang pendidik. Pendidik adalah orang dewasa dengan
segala kemampuan yang dimilikinya untuk dapat mengubah psikis dan pola pikir
anak didiknya dari tidak tahu menjadi tahu serta mendewasakan anak didiknya.
Salah satu hal yang harus dilakukan oleh dosen adalah dengan mengajar di kelas.
Salah satu yang paling penting adalah performance dosen di kelas. Bagaimana
seorang dosen dapat menguasai keadaan kelas sehingga tercipta suasana belajar
yang menyenangkan. Dengan demikian dosen harus menerapkan metode
pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didiknya. Tiap-tiap
kelas bisa kemungkinan menggunakan metode pembelajaran yang berbeda dengan kelas lain. Untuk itu seorang dosen
harus mampu menerapkan berbagai metode pembelajaran.
Disini saya akan
memaparkan beberapa metode pembelajaran menurut Ns. Roymond H. Simamora, M.Kep yang dapat
kita digunakan.
Macam-Macam
Metode pembelajaran :
1.
Metode Ceramah
Metode pembelajaran ceramah adalah penerangan secara lisan atas bahan pembelajaran
kepada sekelompok pendengar untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu dalam
jumlah yang relatif besar. Seperti ditunjukkan oleh Mc Leish (1976), melalui
ceramah, dapat dicapai beberapa tujuan. Dengan metode ceramah, dosen dapat
mendorong timbulnya inspirasi bagi pendengarnya.
Gage dan Berliner (1981:457), menyatakan metode ceramah cocok untuk digunakan dalam pembelajaran dengan ciri-ciri tertentu. Ceramah cocok untuk penyampaian bahan belajar yang berupa informasi dan jika bahan belajar tersebut sukar didapatkan.
Gage dan Berliner (1981:457), menyatakan metode ceramah cocok untuk digunakan dalam pembelajaran dengan ciri-ciri tertentu. Ceramah cocok untuk penyampaian bahan belajar yang berupa informasi dan jika bahan belajar tersebut sukar didapatkan.
Metode pembelajaran diskusi adalah proses pelibatan dua orang peserta atau lebih untuk berinteraksi saling bertukar pendapat, dan atau saling mempertahankan
pendapat dalam pemecahan masalah sehingga didapatkan kesepakatan diantara
mereka. Pembelajaran yang menggunakan metode diskusi merupakan pembelajaran
yang bersifat interaktif (Gagne & Briggs. 1979: 251).
Menurut Mc. Keachie-Kulik dari hasil penelitiannya,
dibanding metode ceramah, metode diskusi dapat meningkatkan anak dalam
pemahaman konsep dan keterampilan memecahkan masalah. Tetapi dalam transformasi
pengetahuan, penggunaan metode diskusi hasilnya lambat dibanding penggunaan
ceramah. Sehingga metode ceramah lebih efektif untuk meningkatkan kuantitas pengetahuan
anak dari pada metode diskusi.
3. Metode Demonstrasi
Metode
pembelajaran demontrasi merupakan
metode pembelajaran yang sangat efektif untuk menolong siswa mencari jawaban
atas pertanyaan-pertanyaan seperti: Bagaimana cara mengaturnya? Bagaimana proses
bekerjanya? Bagaimana proses mengerjakannya. Demonstrasi sebagai metode
pembelajaran adalah bilamana seorang dosen atau seorang demonstrator (orang
luar yang sengaja diminta) atau seorang siswa memperlihatkan kepada seluruh
kelas sesuatau proses. Misalnya bekerjanya suatu alat pencuci otomatis, cara
membuat kue, dan sebagainya.
Kelebihan
Metode Demonstrasi :
a.
Perhatian siswa dapat lebih
dipusatkan.
b.
Proses belajar siswa lebih terarah pada materi yang sedang dipelajari.
c.
Pengalaman dan kesan sebagai hasil
pembelajaran lebih melekat dalam diri siswa.
Kelemahan
metode Demonstrasi :
a.
Siswa kadang kala sukar melihat
dengan jelas benda yang diperagakan.
b.
Tidak semua benda dapat
didemonstrasikan.
c. Sukar dimengerti jika
didemonstrasikan oleh pengajar yang kurang menguasai apa yang didemonstrasikan.
4.
Metode Ceramah Plus
Metode
Pembelajaran Ceramah Plus
adalah metode pengajaran yang menggunakan lebih dari satu metode, yakni metode
ceramah yang dikombinasikan dengan metode lainnya. Ada tiga macam metode
ceramah plus, diantaranya yaitu:
a.
Metode ceramah plus tanya jawab dan
tugas
b.
Metode ceramah plus diskusi dan
tugas
c.
Metode ceramah plus demonstrasi dan
latihan (CPDL)
5. Metode Resitasi
Metode
Pembelajaran Resitasi adalah
suatu metode pengajaran dengan mengharuskan mahasiswa siswa membuat resume dengan kalimat
sendiri.
Kelebihan
Metode Resitasi adalah:
a. Pengetahuan yang diperoleh peserta
didik dari hasil belajar sendiri akan dapat diingat lebih lama.
b. Peserta didik memiliki peluang untuk
meningkatkan keberanian, inisiatif, bertanggung jawab dan mandiri.
Kelemahan Metode Resitasi adalah :
a. Kadang
kala peserta didik melakukan penipuan yakni peserta didik hanya meniru hasil
pekerjaan orang lain tanpa mau bersusah payah mengerjakan sendiri.
b. Kadang
kala tugas dikerjakan oleh orang lain tanpa pengawasan.
c.
Sukar
memberikan tugas yang memenuhi perbedaan individual.
6.
Metode Eksperimental
Metode pembelajaran eksperimental adalah suatu cara pengelolaan pembelajaran di mana siswa
melakukan aktivitas percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri suatu
yang dipelajarinya. Dalam metode ini siswa diberi kesempatan untuk mengalami
sendiri atau melakukan sendiri dengan mengikuti suatu proses, mengamati suatu
obyek, menganalisis, membuktikan dan menarik kesimpulan sendiri tentang obyek
yang dipelajarinya.
7. Metode Study Tour (Karya wisata)
Metode study tour Study tour (karya wisata) adalah metode mengajar dengan mengajak peserta didik mengunjungi suatu objek guna memperluas pengetahuan dan selanjutnya peserta didik membuat laporan dan mendiskusikan serta membukukan hasil kunjungan tersebut dengan didampingi oleh pendidik.
Metode study tour Study tour (karya wisata) adalah metode mengajar dengan mengajak peserta didik mengunjungi suatu objek guna memperluas pengetahuan dan selanjutnya peserta didik membuat laporan dan mendiskusikan serta membukukan hasil kunjungan tersebut dengan didampingi oleh pendidik.
8. Metode Latihan Keterampilan
Metode latihan keterampilan (drill method) adalah suatu metode mengajar dengan memberikan pelatihan
keterampilan secara berulang kepada peserta didik, dan mengajaknya langsung
ketempat latihan keterampilan untuk melihat proses tujuan, fungsi, kegunaan dan
manfaat sesuatu (misal: membuat tas dari mute). Metode latihan keterampilan ini
bertujuan membentuk kebiasaan atau pola yang otomatis pada peserta didik.
9. Metode Pengajaran Beregu
Metode pembelajaran beregu adalah suatu metode mengajar dimana pendidiknya lebih dari
satu orang yang masing-masing mempunyai tugas.Biasanya salah seorang pendidik
ditunjuk sebagai kordinator. Cara pengujiannya,setiap pendidik membuat soal,
kemudian digabung. Jika ujian lisan maka setiapsiswa yang diuji harus langsung
berhadapan dengan team pendidik tersebut
10. Peer Theaching Method
Metode Peer Theaching
sama juga dengan mengajar sesama teman, yaitu suatu metode mengajar yang
dibantu oleh temannya sendiri.
11. Metode Pemecahan Masalah
(problem solving method)
Metode problem solving (metode pemecahan masalah) bukan hanyasekadar metode mengajar, tetapi juga merupakan
suatu metode berpikir, sebabdalam problem solving dapat menggunakan
metode-metode lainnya yang dimulaidengan mencari data sampai pada menarik
kesimpulan. Metode problem solving merupakan metode yang merangsang berfikir
danmenggunakan wawasan tanpa melihat kualitas pendapat yang disampaikan
olehsiswa. Seorang dosen harus pandai-pandai merangsang siswanya untuk
mencobamengeluarkan pendapatnya.
12. Project Method
Project Method
adalah metode perancangan adalah suatu metode mengajar dengan meminta peserta
didik merancang suatu proyek yang akan diteliti sebagai obyek kajian.
Dari
berbagai metode diatas, silahkan saudara mengkombinasikan beberapa metode tersebut.
Sistem SCL (Student Centered Learning)
merupakan satu teknik cara mengajar yang menggali potensi kreatifitas mahasiswa
dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Bila anda sebagai mahasiswa, kira-kira
methode pembelajaran seperti apa yang anda inginkan? Silahkan beri komentar
saudara..
Buku acuan : Simamora, Roymond H.
(2009). BUKU AJAR PENDIDIKAN DALAM KEPERAWATAN. Jakarta : EGC
mumpung masuk th ajaran baru, mhn komentarnya terhdapmetode pembejlaran yg saudara sukai
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Hapusnama saya Mayang sari prodi IKM A Reg semester 1 kelas 3J kelompok 5, saya lebih suka metode study tour karna menurut saya dengan metode ini kami tdk gampang jenuh, selain mendapat ilmu kami juga mendapatkan pengalaman2 dan kami pun terinspirasi oleh itu. terima kasih
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Hapusnama saya : riska indra aristi
Hapusprodi : ikm a reguler
semester : 1
kelas : 2D kelompok 4
saya lebih suka metode study tour karna bisa menambah wawasan dan tidak gampang bosan. selain itu kami bisa mebambah ilmu pengetahuan alam sekalian refreshing.
nama saya Abdurrahman Hakim prodi IKM A Reg semester 1 kelompok 5, saya lebih suka metode study tour karena menurut saya dengan metode ini kita tidak gampang bosan dan jenuh, dengan ini kita dapat menambah wawasan yang baru dari alam dan dapat memperluas pengetahuan, terima kasih
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusAssalamualaikum,
BalasHapusNama lengkap saya Debby Firman . Prodi PIKES . Kelas B . Saya lebih suka metode Diskusi karena disni ada dua orang Mahasiswa atau lebih untuk berinteraksi saling bertukar pendapat, jadi dengan begitu kami akan saling mempertahankan pendapat dalam pemecahan masalah sehingga didapatkan kesepakatan diantara kami.
Selain itu , dengan adanya metode diskusi , maka akan tercipta suatu kebersamaan dan loyalitas diantara kami mahasiswa dan saling membantu satu sama lain dalam menyelesaikan tugas atau masalah apapun . Terima kasih .
wassalam,
Nama lengkap saya Yohana Br Nababan,prodi PIKES kelas B. Saya lby suka metode Study Tour karena proses belajar lebih menyenangkan dgn mengunjungi suatu objek. Terimakasih
BalasHapusNama saya fauzia ulfah juaz prodi pikes kelas B, saya lebih suka metode study tour karena dalam belajar bisa cari pengalaman baru dan lebih nyata materi nya. Terima kasih :)
BalasHapusnama Fikri mukhti, prodi PIKES kelas IIb.
BalasHapusmenurut saya semua metode pembelajaran yg ada di atas bagus tetapi semua tergantung seseorang yg mengikuti metode apa yg di terapkan oleh seorang pendidik atau dosen karna setiap orang memiliki sifat yg berbeda dan cara berfikir yg beda. Terima kasih :D
nama lengkap saya saniati rhodiah,prodi pikes 3b.saya lebih menyukai metode belajar diskusi karena menurut saya dengan metode ini menyadarkan anak didik bahwa masalah dapat dipecahkan dengan berbagai jalan dan bukan satu jalan (satu jawaban saja),Menyadarkan anak didik bahwa dengan berdiskusi mereka saling mengemukakan pendapat secara konstruktif sehingga dapat diperoleh keputusan yang lebih baik dan membiasakan anak didik untuk mendengarkan pendapat orang lain sekalipun berbeda dengan pendapatnya sendiri dan membiasakan bersikap toleran.terimakasih
BalasHapusNama saya AIDO RUFNI, prodi PIKES kelas B.
BalasHapusMenurut saya, metode yang di berikan sangat lah bagus, saya lebih suka problem solving metode itu "Perlahan Tapi Pasti". Kita harus bisa mengatur waktu dan tempat dimana kita mengatasi masalah yang akan kita selesaikan. karena, dengan cara yang saya gunakan akan lebih mudah dan efektif dalam mengatur waktu, dan belajar membentuk pola fikir yamg kuat untuk pemecahan masalah tersebut.
Terimakasih :)
Nama saya putra apriyan
BalasHapusProdi pikes.
Kelas b.
Saya lebih suka metode tour karena dengan kita belajar studi tour kita dapat pengalaman belajar yang baru dqn kita bisa membandingakan gi mana belajar di kampus dengan studi di luar kampus.
nama lengkap saya deni suhada,saya dari prodi PIKES,kelas B, saya lebih suka metode DISKUSI, karena:dengan belajar secara diskusi akan lebih bagus untuk mahasiswa dan dosen menjadi motifator. karena itu banyak sekali berguna bagi mahasiswa,dalam melatih mental bicara,mempertahankan pendapat,dan terbentuk nya skil.
BalasHapusNama lengkap saya Ismiranti Yuskal.Saya Prodi PIKES kelas B.Saya lebih suka Metode Diskusi Karena Saya lebih suka berinteraksi 1 sama lain dan kita bisa bertukar fikiran dan berbagi wawasan. Sekian
BalasHapusAssalamualaikum,
BalasHapusNama lengkap saya Wike Destrialni, saya dari prodi PIKES kelas B, menurut saya metode diatas sama saja. Tergantung bagaimana cara kita mengerti dan mengapresiasikan ilmu yang didapat dari metode apapun dengan baik dan benar. Dan seorang pendidik bisa menciptakan suasana yang nyaman dan berbeda agar orang yang di didik tidak merasakan rasa jenuh dan bosan dalam proses pembelajaran atau pemberian materi. Terimakasih :)
Wassalam.
nama lengkap saya nurma rahmadhani saya dari kelas 2b. menurut saya semua metode sama saja . hanya saja bagaimana cara orang yang dididik merasa nyaman dan mengerti dalam pembelajaran. fokus tidak terlalu penting bagi saya, terlalu fokus juga dapat menimbulkan kebosanan dan jenuh. mungkin pendidik lebih tahu apa mau dari orang yang dididik. jadi dalam belajar hanya butuh kerja sama yang sangat antara orang yang dididik dengan pendidik.
BalasHapusNama lengkap saya irfan. saya prodi pikes, kelas 2B. saya lebih suka metode demontrasi, karena, menurut saya siswa lebih mudah menyerap pelajaran karena langsung di peragakan oleh guru didepan murid, sehimgga pelajaran tersebut mudah untuk diserap maupun di peraktekkan oleh siswa
BalasHapusNama lengkap saya FITRI RAHAYU prodi PIKES kelas B. Saya lebih suka metode ceramah dan diskusi karena dengan menyampaikan secara lisan oleh dosen, mahasiswa akan lebih mudah mengerti dan apabila mahasiswa tidak dapat memecahkan suatu masalah dalam perkuliahan khususnya mata kuliah Pengantar Manajemen Kesehatan maka diadakan metode diskusi.
BalasHapusTerimakasih !!!
Nama lengkap saya NADIA FAIRUZ ROZANA prodi PIKES kelas B .semuah metode sebenarnya sama saja tapi di antara metode tersebut yang lebih saya suka metode ceramah,karna dosen secara langsung menyampaikan dan apabila mahasiswa/i kurang mengerti dapat langsung bertanya .
BalasHapusterimakasih!!!
nama saya WINDHY SAVETRI prodi PIKES kelas B . saya lebih memilih metode study tour. karena kita bisa langsung melihat apa yang sedang dipelajari.
BalasHapusNama saya DESI MAILINDA prodi PIKES kelas B .menurut saya semua metode harus dilakukan dalam pembeljaran karena dalam hidup butuh hal yang berbeda dan begitu pula dalam pembelajaran supaya tidak mudah jenuh dan bosan jadi semua metode perlu dilakukan secara bergantian.
BalasHapusNama saya osy rahmayani prodi pikes 3B.saya memilih Metode Pemecahan Masalah (problem solving method)karna menurut saya metode ini bukan cuma mengajar tapi juga metode berpikir menggunakan wawasan.
BalasHapusNama lengkap saya yogi fernandes prodi PIKES kelas B .semuah metode sebenarnya sama saja tapi metode yang lebih saya suka metode ceramah plus,karna dosen secara langsung menyampaikan dan apabila mahasiswa/i kurang mengerti dapat langsung bertanya,dan cara penggabuangan metode sangat byk mendapat wawasan bukan hanya satu materi ...
BalasHapusterima kasih
Nama saya Elsa Franika prodi PIKES 3B. saya memilih metode ceramah plus dan metode study tour(karya wisata) karna menurut saya metode ceramah plus digbung dengan metode study tour (karya wisata)sangat cocok. kedua metode itu tidak akan membuat mahasiswa menjadi tidak bosan lagi dalam menerima pelajaran dari dosen. apalagi metode ceramah plus juga menggabungkan tanya jawab dan tugas, diskusi dan tugas, juga demonstrasi dan latihan. dengan metode study tour mahasiswa akan bisa mengunjungi suatu objek yang akan memperluas pengetahuan dengan tidak hanya duduk dikelas tetapi bisa langsung turun kelapangan melihat keadaan sekitar. ini juga memberi warna baru dalam metode pembelajaran.
BalasHapusNama lengkap saya rio tri handoko prodi PIKES kelas B .semuah metode sebenarnya sama saja tapi metode yang lebih saya suka metode pariwisata ,karna mengajar dengan memberikan pelatihan keterampilan secara berulang kepada kita, dan mengajak kita langsung ketempat latihan keterampilan untuk melihat proses tujuan, fungsi, kegunaan dan manfaat sesuatu yang kita pelajari
BalasHapusterima kasih
nama saya shinta mutiara darma. saya prodi pikes 3B. saya memilih metode pemecahan masalah (problem Solving Method) karena menurut saya metode ini membuat mahasiswa menjadi lebih aktif dan kreatif dalam mencari solusi masalah dengan mencari data sendiri dan menarik kesimpulan dari data tersebut
BalasHapusNama lengkap saya raja syafwan prodi PIKES kelas B ,saya memilih Metode Pemecahan Masalah (problem solving method)karna menurut saya metode ini sangat bermanfaat dlm pemecahan masalah
BalasHapusterima kasih
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNama lengkap saya tengku intan komala sari prodi PIKES kelas B ,saya menyukai metode study tour,karena dalam langkah metode itu mudah dan bisa d pahami bg org yg blum ngerti...
BalasHapusterima kasih.
nama saya Luthfiyyah Maisan saya kelas 3B prodi pikes saya memilih metodde ceramah dan metode demontrasi karna menurut saya dengan metode ceramah saya dapat menambah ilmu pengetahuan dari siapapun itu dan dengan metode demonstrasi saya dapat melatih kepercayaan diri saya dalam menyampaikan yang saya ketahui serta bertukar pikiran dengan semuannya yang sama sama bertujuan untuk menambah ilmu pengetahuan.
BalasHapusNama lengkap saya febby romadhon prodi PIKES kelas B ,saya menyukai metode karya wisata metode ini sangat bangus dan membuat kita nyaman dan mudah di pelajari
BalasHapusterima kasih
Nama saya TIRTA SARI prodi PIKES kelas B . Saya memilih metode diskusi karena bisa membuat mahasiswa lebih aktif dalam bertanya jawab dalam menyampaikan materi pembelajaran.
BalasHapusNama lengkap saya:ERSA SASTRI PUTRI Prodi PIKES kelas B,Saya menyukai metode pembelajaran diskusi karna bagi saya pribadi dalam berdiskusi saya bisa bertukar pendapat dengan teman.terima kasih
BalasHapusnama saya sri setiawati kelas 3b prodi pikes saya memilih metode pemecahan masalah dan metode eksperimental
BalasHapus1.metode pemecahan masalah memicu mahasiswa peka terhadap konflik yang terjadi di lingkungan sekitar yang dapat dijjadikan bahan penelitian,mahasiswa dapat mencari tau tentang penyebab,dampak,dan solusi dari masalah tersebut,sehingga mahasiswa akan mendapat ilmu pengetahuan baru dari suatu objek yang diteliti oleh dirinya sendiri
2.metode eksperimental
karena metodi ini membuat mahasiswa untuk berfikir kreatif dan menciptakan suatu hal baru yang bermanfaat untuk dirinya sendiri dan orang lain
assalamualaikum..
BalasHapusnama lengkap saya nova susanti
kelas 3 b , PIKES
menurut saya , saya memilih metode ceramah karna dapat mendengar dan tau wawasan lebih luas tentang hakikat kehidupan dari dosen itu sendiri. terima kasih
nama saya duma oksanti, saya dari prodi D3 PIKES kelas 3B, menurut saya metode yang digunakan semuanya dibutuhkan dalam proses pembelajaran, karena kalau digunakan dengan 1 metode membuat mahasiswa bosan, jadi harus diselang-seling.
BalasHapusnama saya SURIWATI saya dari prodi PIKES kelas 3B,menurut saya metode yang saya pilih ini adalah metode ceramah dan demontrasi,dengan menggunakan metode ini dosen dapat mendorong timbulnya inspirasi bagi mahasiswa,dan dapat menambah wawasan bagi mahasiswa.
BalasHapusterima kasih .
Nama lengkap saya Fitri Diniati Prodi PIKES kelas B,menurut saya dari semua metode ini sangat bagus,tapi saya lebih menyukai metode ceramah plus karena di dalam metode ceramah plus kita bisa belajar tentang tanya jawab,ceramah plus dan tugas, karna dalam proses pembelajaran yang perlu adanya tugas dan latihan, supaya memudahkan dalam program pembelajaran, dan lebih aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. terima kasih
BalasHapusnama saya Aghnia septini saya prodi D3 PIKES,kelas 3B menurut saya menyukai metode studi tour (karya wisata), karena dengan mengajak mahasiswa mengunjungi suatu wisata agar mahasiswa tersebut dapat memperluas ilmu pengetahuan dan mahasiswa membuat laporan dan selanjutnya masiswa memprentasekan hasil karya wisatanya didalam kelas.
BalasHapusNama lengkap saya yuni indah lestari Prodi PIKES kelas B,saya lebih memilih metode study tour,saya memilih karena memberikan perasaan tidak jenuh dalam pembelajaran ,dan mudah di pahami
BalasHapusterima kasih
Nama lengkap saya RAHMI ARDILLAH Prodi PIKES kelas B,saya lebih memilih metode CERAMAH PLUS karena dengan metode tersebut pendidik bisa mengetahui siswa yang benar2 ingin belajar.
BalasHapusterima kasih
Terimaksih atas komentar saudara, bila kita kalkulasikan, mayoritas memilih Metode study tour (25.6%) dan minoritas adalah metode eksperiment (2.5%). Sedangkan yang tidak menetukan pilihan (no choice) ada 12.9% dan lebih menyarankan kombinasi dari beberapa metode secara bergantian. Metode diskusi menempoati urutan kedua yaitu 15,3%. Sedangkan metode ceramah dan ceramah plus masih tetap menjadi pilihan 12,9%. Pooling ini bertujuan utk mengetahui pola/keinginan saudara dlm proses metode pembelajaran. Good comment and thanks for your kind attention.
BalasHapusNama saya yuyun perwita sari dari prodi IKM A reg kelompok 3,saya menyukai metode ceramah dan metode tour karena kedua metode ini apabila d gabungkan akan lebih mudah membuat siswa memahami dan mengerti tentang pembahasan masalahnyg d bahas
BalasHapusNama saya yuyun perwita sari dari prodi IKM A reg kelompok 3,saya menyukai metode ceramah dan metode tour karena kedua metode ini apabila d gabungkan akan lebih mudah membuat siswa memahami dan mengerti tentang pembahasan masalahnyg d bahas
BalasHapusnama saya fizha wahyuni dari prodi IKM A reg kelompok III kelas III C saya menyukai metode belajar study tour karna dengan metode itu pelajaran lebih mudah diserap dan tidak membosankan untuk diikuti.dengan begitu,untuk membuat sebuah laporan akan lebih mudah karna objek yang dipelajari dilihat secara langsung.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusnama saya putri juliani prodi IKM A Reg kelompok III kelas IIC, saya menyukai metode belajar eksperimental karena menurut saya dengan melakukan penelitian atau uji coba pembuktian itu lebih mudah untuk dimengerti karna kita yg melakukan pembuktiannya tersebut.
BalasHapusass.nama saya nanda oktari dari prodi IKM A REG dari kelas IIC, kelompok III metode yang saya sukai adalah dengan cara ceramah karena dengar cara lisan atas bahan pembelajaran kepada sekelompok pendengar untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu dalam jumlah yang relatif besar kalau kita benar-benar mendengarkan pasti akan mendapatkan hasil yang baik malahan sangat baik, dan juga dengan cara tanya jawab,supaya memudahkan dalam program pembelajaran, dan lebih aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran dalam tanya jawab. terima kasih wassalam
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNama lengkap saya AYU DESNITASARY. Prodi IKM A REG Kelas IIC. Kelompok 3. Saya lebih suka Metode Study Tour (Karya Wisata) karena menurut saya metode tersebut sangat efisien dan efektif untuk memperoleh dan menangkap ilmu pengetahuan yg diberikan dengan cepat dimana dengan metode tersebut mahasiswa mengharapkan suasana pembelajaran yg terkesan lebih santai dan komunikatif sehingga mahasiswa merasa tidak adanya tekanan dalam pembelajaran. Metode tersebut juga dapat memberi wawasan yg lebih luas dan mahasiswa dapat melihat secara langsung bagaimana aplikasinya
BalasHapusass.Nama saya Rahmah hayati dari parodi IKM A REG dari kelas IIc,kelompok III.
BalasHapusMenurut saya semua metode memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing hanya saja tergantung dari sebuah paradigma seseorang memahami nya,namun secara pribadi saya lebih cendrung dengan metode diskusi karena Dengan menggunakan metode diskusi ini siswa dapat mengembangkan sikap toleransi, demokrastis, berpikir kritis, sistematis dalam memecahkan suatu persoalan...
ass. saya Nitria Amanda dari Prodi IKM A REG kelas IIC kelompok 3
BalasHapusSaya lebih suka metode ceramah karena lebih mudah untuk memahami terutama untuk pelajaran yang sulit dimengerti~ terimakasih :)
Ass.Nama saya Vella alammiah.s dari prodi IKM A REG kelompok III.
BalasHapussaya lebih suka metode diskusi menurut saya metode ini dapat mengemukakan pendapat dan memecahkan suatu masalah secara bersama, dari yang tidak tau menjadi tau.
Nama saya :SISILIA FRISKA
BalasHapusProdi : IKM
Kelas : 1(satu) A REG
Kelompok : 3(tiga)
saya memilih metode diskusi karena menurut saya dengan metode diskusi para mahasiswa dapat mengemukakan pendapat masing-masing mahasiswa juga dapat mengembangkan sikap TOLERANSI, DEMOKRASI, BERFIKIR KRISTIS dan LEBIH SISREMATIS dalam memecahkan suatu masalah atau sebuah kasus.
TERIMAKASIH
assalamualaikum .. nama saya fitriana.mz prodi IKM A REG kel III saya lebih suka metode study tour karena dengan metode ini belajar dapat menyenangkan , dengan metode ini peserta didik dapat mengetahui langsung objek pembelajaran sehingga dapat menambah wawasan , terimakasih :)
BalasHapusassalamu'alaikum wr.wb nama saya siti mustanira, prodi IKM A Reguler Kelompok III. Menurut saya,saya lebih suka metode Study Tour. Sebab,peserta dapat mengamati,meneliti dan mengemukakan opini secara langsung. Selain menyegarkan fikiran,juga peserta dapat memperoleh hal-hal baru yang mungkin selama ini belum mengetahui secara lengkap. Terimakasih,Wassalamu'alaikum wr.wb.
BalasHapusass. nama saya manda sari harahap dari prodi IKM A reguler kelas II C kelompok 3 saya lebih suka metode diskusi karena saat pembelajaran dalam diskusi bisa membuat mahasiswa atau mahasiswi itu lebih aktif dan bisa berinteraksi secara baik :) teimakasih
BalasHapusass,nama saya shitiani rezeki dari prodi IKM A reguler kelas IIC kelompok 3.saya lebih suka metode studytour karena dengan metode tersebut mahasiswa bisa mengenalkan secara langsung materi pembelajaran yang akan dlakukan.dan mahasiswa bisa mendiskusikan dan membuat laporan tentang pelajaran tersebut.
BalasHapusTERIMAKASI :)
Ass nama saya nur mitha dari podi IKM A REG kelompok III.
BalasHapussaya lebih suka metode diskusi karna dengan diskusi kita dapat menambah wawasan dengan luas, diskusi juga dapat saling tukar pikiran dengan sesama kelompok.
assalamualaikum wr.wb nama saya nova el pera,prodi IKM A Reguler kelompok III.menurut saya . saya lebi suka dengan metode keterampilan, sebab dengan begitu kita bisa menciptakan sesuatu yang baru ,selain itu dengan pergi ketempat latihan , bisa termotifasi untuk menciptakan hal hal baru.
BalasHapusterimakasih, wasalamualaikum wr.wb
Nama saya zela familta Prodi IKM kelas 1 a reguler kelompok 3 Saya lebih suka metode diskusi karena metode diskusi dapat mengetahui mahasiswa yang aktif dan mempunyai pengetahuan di pelajaran tersebut maupun pengetahuan umum. Terima kasih
BalasHapusassalamu'alaikum wr.wb. Nama saya Afrina T.oinan, prodi IKM A Reg,kelas IIC, kelompok 3.
BalasHapussaya lebih suka Metode Pemecahan Masalah ( problem solving method)dan Metode Eksperimental karena mahasiswa/i di ajak untuk berpikir kritis dalam menghadapi masalah, meluangkan imajinasi berpikir yang lebih luas karena mahasiswa/i mengalami dan membuktikan sendiri apa yang di pelajari, lebih baik dalam menarik kesimpulan dan lebih lama mengingat apa yang di pelajari.
terima kasih, wassalamu'alaikum.
nama saya robiatul usro prodi IKM A REG kelompok 3 saya memilih metode ceramah plus karna dengan metode ini mahasiswa akan melakukan banyak interaksi dengan beberapa mahasiswa lainnya juga... dengan metode ini mahasiswa juga akan mempunyai mental untuk berbicara di depan publik
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusass.nama saya deni irawan lubis saya dari prodi IKM A REG, klmpok III,Kelas IIC.. saya lebih suka dengan cara berdiskusi kerena menurut saya cara itu lebih efektif untuk memecahkan suatu masalah dengan perencanaan. terimah kasih wasallam.
BalasHapusAssalamu'alaikum wr.wb.
BalasHapusNama saya Muhammad rafi, prodi IKM A REG, kelas IIC, kelompok 3.
Saya lebih suka metode pembelajaran yang kerja sama antara masing-masing individu, yang di sebut DISKUSI, karna selain suatu masalah itu bisa di selesaikan bersama sama kita juga bisa melatihkan diri untuk terbiasa mengikuti sebuah organisasi dalam suatu kelompok kecil maupun kelompok besar.
assalamualikum wr.wb
BalasHapusNama saya DIAN TIKA RAHAYU, prodi IKM, kelas 1A REG, Kelompok 3
menurut saya, semua metode yanh di tulis bagus, dan menurut saya semua metode yang ditulis mempunyai kelebihan dan kekurangan,
misanya metode ceramah mempunyai kelebihan car apenyampain dan memberi inspirasi pembaca,
sekian dari saya
terima kasih
Dari 46 mahasiswa di A reg kelompok 3 hanya 22 org (47.8%) yg memberikan komentar. kira-kira apa kendalanya? Mayoritas menyukai metode diskusi yaitu 35%, ada 25% yg menyukai metode study tour, sisanya metode ceramah,latihan keteramplan dan problem solving.
BalasHapusNb: untuk yg profilnya mhn diberi foto.
Terimaksih atas komentar saudara. Selamat malam
Assalamualaikum
BalasHapusNama saya DELSRI RAHMAYANI, prodi IKM, Kelas 1A REG, kelompok 3
menurut saya metode yang bagus adalah metode diskusi, karna metode ini dapat menuntut mahasiswa untuk lebih kreatif dan aktif dalam proses pembelajaran.
terimakasih :)
*Maaf buk tadi mati lampu :D
assalamualikum
BalasHapusNama saya Masni Elisa, Prodi IKM kelas 1A REG kelompok 5.
Menurut pendapat saya,saya lebih suka metode diskusi ,karena bisa bekerja sama dengan teman 1 kelompok dan bisa saling bantu membantu .dan dengan berdiskusi kami bisa belajar bersama-sama dan bisa menjadi lebih dekat dan akrab berbagi pendapat dan saran .
sekian komen saya buk ,assalamualikum wr.wb .
assalamualikum wr.wb
BalasHapusNama saya ADISTYA AYU. S, prodi IKM, kelas IID REG, Kelompok 4
Semua orang memilki pemikiran sendiri begitu juga cara untuk belajar atau mengingat sesuatu. Tapi, saya memilih cara belajar menggunakan metode Resitasi karena saya akan lebih mudah mengingat dengan kalimat saya sendiri dibandingkan hanya melihat atau mendengarkan penjelasan saja.
sekian dari saya
terima kasih
Assalamualaikum
BalasHapusNama Mutri Novia,Prodi IKM kelas 1A Reguler kelompok 5.
Saya lebih suka metode Study Tour (Karya wisata).Karena selain belajar kita juga bisa menambah wawasan dan pengalaman.dimana yang tadinya tidak tahu menjadi tahu.
terimakasih buk:).
Assalamualaikum wr.wb
Ass..
BalasHapusNama saya Zafitri Ramadhini prodi IKM kelas 1A Reg kelompok 5.
Menurut pendapat saya,saya lebih suka metode berdiskusi. karna dari situ kita dapat memahami pendapat dari satu sama lainnya. terimakasih.
Ass
Assalamualaikum wr.wb
BalasHapusNama saya RANI OKTIWANTI, prodi IKM, kelas IID REG, Kelompok 4.
Saya lebih suka ke metode pembelajaran Peer Theaching Method karena di sini saya sendiri lebih cenderung memahami apa yang teman jelaskan jika kurang mengerti. tapi untuk teman yang mempunyai wawasan dan pemikiran yang luas dan juga cara penyampaiaanya yang mudah di mengerti sehingga mudah untuk dipahami.
sekian pendapat dari saya..
terima kasih
Assalamualaikum wr.wb
BalasHapusNama saya RANI OKTIWANTI, prodi IKM, kelas IID REG, Kelompok 4.
Saya lebih suka ke metode pembelajaran Peer Theaching Method karena di sini saya sendiri lebih cenderung memahami apa yang teman jelaskan jika kurang mengerti. tapi untuk teman yang mempunyai wawasan dan pemikiran yang luas dan juga cara penyampaiaanya yang mudah di mengerti sehingga mudah untuk dipahami.
sekian pendapat dari saya..
terima kasih
assalamualikum bu ,nama saya DWIPI NANDA, prodi IKM a REG , kelas 2d kelompok 4 . saya lebih suka metode study tour bukan hanya karna kebanyakan mahasiswea menyukai tour juga karena dalam pemahaman pembelajaran dengan melihat secara langsung dan membuat laporannya itu menurut saya lebih mudah buat dipahami dan diingat . terimakasih bu
BalasHapusass...nama saya dina fitma dri prodi IKM A reg kelas II Dklompok 4 ,, saya lebih menyukai metode diskusi karna menurut saya sendiri metode diskusi lebih efektif dan efesien dlam proses pembelajaran dan dapat menumbuhakn sikap saling kerjasa serta partisipasi satu sama lain...dan menurut saya metode ini juga sbgai ajang saling bertukar pendapat sesama anggota diskusi ..
BalasHapusmaksih .. wss.. :)
assalammualaikum.
BalasHapusnama saya anggun kurnia prodi IKM kelas 1A reguler kelompok 5.
menurut pendapat saya .saya lebih suka metode study tour.karna lebih menambah wawasan.terimakasih bu'.
wasalammualaikum
assalamualaikum
BalasHapusnama saya dewi fitria nofitasari prodi IKM 1A reguler kelompok 5.
menurut saya,saya lebih suka metode berdiskusi karena bisa memahami bahasan tersebut dan bisa melatih diri untuk lebih berani dalam mengeluarkan pendapat.terimakasi buk
wassalam
assalamualaikum
BalasHapusnama saya syarifah aulia prodi ikm a reguler kelas 2d kelompok 4.
menurut saya, saya lebih suka metode study tour. alasan saya memilih metode ini karena pembelajaran yang lebih menyenangkan dan mudah di mengerti. terimakasih bu
wasalamualaikum
assalamualaikum wr.wb
BalasHapusNama lengkap saya INTAN NURAFNI ZULMI prodi IKM 1A REG kelompok 5 .sbenarnya semuah metode sama saja akan tetapi metode yang lebih saya sukai yaitu metode berdiskusi karna dengan metode itu akan melatih kita agar bisa saling bertukar fikiran mengeluarkan pendapat sesama teman dan akan menambah wawasan jugak akan melatih kita untuk bisa berbicara didepan umum
terima kasih buk,wassalam :)
Assalamualikum wr.wb
BalasHapusNama saya Syntia Melantika prodi IKM kelas 1A reguler kelompok 5.
saya memilih metode diskusi karena menurut saya dengan metode diskusi mahasiswa dapat mengemukakan pendapat masing-masing dan mahasiswa juga dapat mengembangkan sikap Berpikir Demokrasi,dan dapat menambah wawasan dalam memecahkan suatu masalah.
TERIMAKASIH
Wassalamualaikum wr.wb
Assalamualaikum WR.WB
BalasHapusNAMA : TRI UTAMI
PRODI : IKM
KELAS :A Reguler
KELOMPOK : 5
LEBIH SUKA METODE : METODE PEMECAHAN MASALAH. Karena kita dapat memecahkan masalah dengan cara berfikir dan kita juga dapat menarik sebuah kesimpulan dari sebuah masalah.
TERIMAKASIH..
assalaumaikum
BalasHapusnama lengkap saya tsm riski saputra prodi ikm a reguler kelas 2d kelompok 4. saya lebih tertarik pada metode study tour. menurut saya metode ini sangat memudahkan mahasiswa untuk meraih nilai yang bagus. terimakasih
wasalamualikum
assalamualaikum wr.wb
BalasHapusnama lengkap saya REZA REZITA prodi IKM 1A REG kelas II D kelompok 4.saya lebih suka metode diskusi,karna metode diskusi melibatkan beberapa orang untuk memecahkan atau menyelesaikan masalah yang ada,selain itu metode diskusi merupakan pembelajaran yang bersifat efisien.
terimakasih,wassalam :)
Nama lengkap saya JESSICA prodi IKM 1A REG kelompok 5. saya lebih suka metode berdiskusi karena kita dapat bertukar pikiran dengan teman, dan dari situ kita bisa belajar bagaimana cara menerima pendapat sesama kita dan kita menjadi lebih terbiasa tampil untuk memberikan pendapat ataupun menerima pendapat.
BalasHapusterimakasih bu.
Assalamualaikum wr.wb
BalasHapusNama lengkap saya Dea Hudiana prodi IKM kelas 1A Reguler Kelompok 5.
Saya lebih suka metode pembelajaran Eksperimental karena dengan pembelajaran tersebut kita menjadi lebih paham dan mendapat bukti/hasil yang real dari penelitian yang dilakukan.suatu pembelajaran tidak akan sempurna bila hanya dengan pemberian materi secara terus menerus tanpa adanya eksperimen.
terimakasih buk:)
Assalamualaikum wr.wb
Nama lengkap saya mavizatul hasanah prodi IKM kelompok 5 .semuah metode sebenarnya sama saja tapi di antara metode tersebut yang lebih saya suka metode ceramah,karna dosen secara langsung menyampaikan dan apabila mahasiswa/i kurang mengerti dapat langsung bertanya .
BalasHapusterimakasih!!
Assalamu'alaikum wrwb
BalasHapusNama lengkap saya Riri Sriyati,
prodi IKM A reguler kelas II D Kelompok 4
saya lebih suka metode Diskusi
Karena diskusi melatih diri kita untuk menjadi berani mengemukakan pendapat serta ide, mengembangkan pengetahuan, memecahkan suatu permasalahan secara bersama, memupuk sikap saling menghargai ketika memberi pendapat dan kritikan.
sekian dari saya buk
Assalamu'alaikum wrwb
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusassalamualaikum
BalasHapusNama: Lidia Sartika
prodi;IKM
kelas;2D kelompok 4
saya lebih suka metode kerja kelompok,karena menggunakan metode kerja kelompok itu lebih santai belajar nya dan tidak cepat membosankan dikelas tersebut.
sekian dari saya buk.
assalamualaikum
assalamualaikum buk..
BalasHapusnama:lila ema elita
prodi:IKM
Kelas:1A REG
Kelompok:5
pendapat saya buk,,saya lebih menyukai metode ceramah plus,,
sesuai dengan judul nya yaitu ceramah plus..
banyak kelebihan-kelebihan yang terkandung di dalam nya
seperti tanya jawab dan tugas,diskusi dan tugas,dan demonstrasi dan latihan,,
dengan cara itu mahasiswa bisa lebih mengerti dan termotifasi dan tidak berbuat curang,,karena mahasiswa di tuntut untuk memahami bahan yang sedang di bahas,dan jika masih ada yang belum di mengerti dapat langsung di tutupi dengan diskusi,dan mencari solusinya,agar mendapatkan nilai yang lebih memuaskan,,
terima kasih buk..
assalamualaikum...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusAssalamualaikum,, Nama lengkap saya devi anggraini, prodi ikm a reguler kelas 3j,kelompok 5,saya lebih suka metode diskusi karena dalam berdiskusi itu, kita mampu bertukar fikiran, menambah wawasan, lebih saling memahami, dan lebih bebas mengeluarkan pendapat, bahkan bukan hanya itu saja, kita juga mampu meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan pemecahan masalah, serta menemukan kesepakatan dalam berdiskusi, saling berinteraksi dan saling mengeluarkan pendapat masing-masing. Wasalamualaikum.
BalasHapusAssalamualikum wr.wb.
BalasHapusnama lengkap saya Anisa Auliani dari prodi IKM A Reg, kelas 3J, dari kel 5. Saya lebih suka metode problem solving (metode pemecahan masalah)karena dengan metode tersebut dapat merangsang cara berpikir mahasiswa untuk lebih pro aktif dalam mencapai tujuan pengajaran yaitu dengan menarik kesimpulan yaitu hasil dari pemecahan masalah tersebut.terima kasih, wassalamualikum Wr.Wb.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
BalasHapusNama lengkap saya fauzan febri ramadhan prodi IKM A reguler kelas 3J , kelompok 5.semua metode sebenarnya sama saja tapi metode yang lebih saya suka metode study tour, karna mengajar dengan memberikan pelatihan keterampilan secara berulang kepada kita untuk agar lebih mengerti, dan mengajak kita langsung ketempat latihan keterampilan untuk melihat proses tujuan.
terima kasih
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusAssalamualikum wr.wb.
BalasHapusnama lengkap saya Muhammad nasrol dari prodi IKM A Reg, kelas 3J, dari kel 5.
saya memilih Metode Study Tour karena Metode study tour Study tour (karya wisata) adalah metode mengajar dengan mengajak peserta didik mengunjungi suatu objek guna memperluas pengetahuan dan selanjutnya peserta didik membuat laporan dan mendiskusikan serta membukukan hasil kunjungan tersebut dengan didampingi oleh pendidik.metode seperti ini lebih baik dah lebih cepat meningkatkan daya pemaham peserta didik, trima kasih.
wassalamualikum Wr.Wb.
Assalamualaikum ....
BalasHapusNama : Ravella Yolanda
Prodi : IKM A Reg
Kelas : IID
Kelompok 4 :
Metode pembelajaran yang saya sukai yaitu metode diskusi karna menurut saya dengan dilaksanakan metode diskusi ini mahasiswa dapat berinteraksi, bertukar pendapat, berpikir kritis dalam memecahkan suatu pokok permasalahan untuk mencapai kesepakan bersama. Sehingga dapat meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan dalam pemecahan masalah.
thank's
assalamualakum.wr.wb
BalasHapusnama : yosi septiana
prodi ;IKM
KELAS ;2D
KELOMPOK: 4
Saya lebih suka belajar diskusi,karna belajar diskusi itu lebih cepat mahasiswa/i memahami apa yang dijelaskan oleh dosennya.apabila ada mahasiswa yang kurang megerti bisa tanya langsung ke dosennya,jadi mahasiswa/i bisa memehami pelajaran dan saling berinteraksi satu sama lain.
Nama saya leni kristinawati dari Prodi IKM A REG kelompok 3..
BalasHapussaya memilih metode belajar diskusi karan menurut saya dengan metode ini para mahasiswa akan melakukan proses belajarmengajar dengan lebih efektif lagi..
terimakasih
Assalamualaikum
BalasHapusNama lengkap saya Wirda asysyaffa. prodi IKM A Reguler kelas 3j kelompok 5.saya lebih suka metode study tour, karena metode pembelajaran ini tidak membuat saya jenuh melainkan bisa mendapat wawasan yang lebih luas.
terimakasih buk.
wassalamualaikum
salam sejahtera
BalasHapusnama saya mesra febrina
prodi:IKM
KELAS:2 D
Kelompok:4
semester 1
saya lebih suka mengenai metode pembelajaran dengan diskusi karena dengan metode tersebut materi yang diberikan dapat dengan mudah terselesaikan karena adanya kerjasama antar kelompok
sekian pendapat saya,terimakasih
assalamualaikum wr.wb.
BalasHapusNama saya Citra suri ayu rizki prodi IKM A Reguler kelas 111J kelompok 5 saya lebih suka belajar dengan cara diskusi karna dalam diskusi kita bisa mengemukakan pendapat pikiran, dengan belajar diskusi kita juga bisa mengetes mental keberanian kita untuk tampil dan berbicara di dpan umum.
trimakasih bu .
wasalam.
Nama saya Wanda Dwi Astuti prodi IKM A REG kelompok 5 saya lebih suka metode study tour karena proses belajar-mengajar jadi tidak moniton dan membuat mahasiswa-mahasiswi jenuh dengan metode belajar yang umumnya hanya didalam ruangan. Terimakasih buk.wassalam
BalasHapusNama saya Yuni kristiani saya dari Prodi IKM A REG kelompok 3 memilih metode diskusi karna dengan metode ini menurut saya akan mempermudah para mahasiswa untuk menyelesaikan suatu tugas.. dan akan membuat para mehasiswa memiliki mental/keberanian untuk berbicara di khalayak ramai. terimakasih
BalasHapusNama saya citra aprilla prodi IKM kelompok 5 saya lebih suka metoden study tour karena prosesnya lebih enjoy, apalagi mahasiswa-mahasiswi sekarang lebih suka keadaan luar.
BalasHapusNama saya gatot abimanyu prodi a reguler kelompok 5
BalasHapusSaya lebih suka metode study tour karena prosesnya lebih nyaman dan tidak membosankan karna mahasiswa mahasiswi sekarang suka dengan pengalaman yang baru
Nama saya yeni afiani prodi ikm A reguler kelompok lima
BalasHapusSaya lebih suka metode study tour karena prosesnya lebih nyaman,tidak membosankan,karena mahasiswa sekarang termasuk saya bosan dengan ruangan..
Nama lengkap saya Yulia Adtriani Prodi IKM A REG kelas 2D kelompok 4, saya lebih suka metode diskusi dan metode study tour ,karena dengan berdiskusi kita dapat bertukar fikiran dengan yg lain. dan metode study tour jauh lebih bagus lagi ,karena kita dapat terjun langsung ke lapangan dengan melihat atau mengamati objek pembelajaran yg kita hadapi.serta menambah pengalaman dan wawasan:)
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusassalamualaikum
BalasHapusNama:windy yuliani
Kelas:2d
kelompok:4
prodi:IKM A REG
saya lebih suka metode study tour karena proses belajarnya lebih santai dan tidak membuat mahasiswa mahasiswi jenuh.dan bisa menambah wawasan karena belajarnya d luar ruangan.
terimakasih...
Nama lengkap saya Nelvia yeni Prodi IKM A REG kelas 2D kelompok 4, saya lebih suka metode study tour ,karna dengan metode ini kita dapat melihat mengamati secara langsung dan pembelajarannya mudah d ingat dan selain itu juga dapat menambah pengalaman terimakasih
BalasHapusassalamu'alaikum..
BalasHapusNama saya Rianti Anugrah/IKM A REG/ 2D/KEL 4. saya lebih memilih metode latihan keterampilan ini karna menurut saya. kita lebih mengetahui lebih dalam tentang prosesnya, mudah diingat karna dilakukan secara berulang ulang dan juga bisa menciptakan suatu karya seni yang baru.
terimakasih...
Assalamualaikum
BalasHapusNama saya Fatris Islami Basri
Prodi IKM A Reg
Kelompok 4
Saya lebih suka metode Study Tour, karena langsung kepada objek, sehingga lebih mudah untuk difahami. Terima kasih buk
Wassalam
Assalamu'alaikum wr.wb buk Hetty
BalasHapusNama Saya Ruliana Ningsih dari prodi IKM A reguler kelas II D kelompok 4
saya suka metode pembelajaran diskusi karena menurut saya dengan cara belajar dskusi kita dapat mengumpulkn beberapa pendapat yg berbeda beda, sehingga disatukan menjadi satu pendapat yang komplit yg disetujui oleh banyak pihak yg brsangkutan, dan dengan diskusipun semua tugas yang dibebankan dapat diselesaikan dengan cepat
cukup sekian buk
terimakasih
assalamuailakum...
BalasHapusNama saya Shela oktalia/Prodi IKM A Reguler kelas 2D Kelompok 4
saya lebih suka metode study tour(karya wisata)karena metode ini lebih ringan,mudah dimengerti karena dipraktekkan secara langsung.disamping itu juga kita bisa merefreshingkan diri...
terimakasih buk....
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusassalamuaikum
BalasHapusNama:nofia yulianti
Kelas:3j
kelompok:5
prodi:IKM A REG
saya suka metode diskusi karena proses belajar nya lebih mudah untuk di mengerti dan mudah untuk di pahami.
terima kasih.
Assalamu'alaikum wr.wb buk Hetty
BalasHapusNama lengkap saya :NIRIKE CLASEA
Dari prodi :IKM A reguler
kelas :II D
kelompok : 4
saya lebih menyukai metode :Diskusi
karena :Dengan kita berdiskusi kita dapat bertukar fikiran dengan teman - teman untuk memecahkan suatu masalah yang mungkin kita membutuhkan pendapat orang lain sebagai referensi untuk menjawab soal- soal yang rumit dan bisa dengan cepat untuk menyelesaikan tugas - tugas yang di berikan.
saya rasa cukup sekian buk,wassalamualikum Wr.Wb.
assalamu'alaikum wr.wb.
BalasHapusnama saya m. robby prodi ikm A reg kelas 2c kelompok 3.
saya lebih menyukai metode diskusi karena lebih menarik dan bnyak menambah pengetahuan.
wassalamu'alaikum
Nama saya Pramita purnamasary dari Prodi IKM A REG,KELAS 2D,kelompok 4
BalasHapusSaya memilih metode latihan keterampilan.
menurut saya metode ini cukup efektif sehingga dapat disimpulkan bahwa "jika peserta didik melihat bagaimana proses terjadinya dari awal hingga akhir maka peserta didik tsb bisa menyimpulkan sendiri tujuan,manfaat,dan fungsi keterampilan dgn jelas apalagi jika dilakukan secara berulang-ulang otomatis dpt teringat
assalamuaikum
BalasHapusNama:gusti rahayu
kelas:2d
kelompok:4
prodi:IKM A REG
saya lebih menyukai metode diskusi karena lebih santai dan mudah di mengerti.
terimakasih.
Nama saya Tuti Afriyani Prodi IKM A REG kelas 1 kelompok 5, saya lebih menyukai metode diskusi karena dalam metode ini mahasiswa diajak untuk berfikir dan bertindak kreatif, sehingga merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa dalam sesi tanya jawab sehingga siswa mendapat kesimpulan akan materi tersebut dengan daya ingat yang lebih lama karena terjadi interaksi yang melibatkannya secara langsung. Terimakasih bu, wassalam:)
BalasHapusAssalamualaikum buk
BalasHapusnama : Harleissa sutikno
kelompok : 4
semester :1
prodi : IKM A Reguler
menurut saya ,saya lebih suka metode pembelajaran secara study tour karena kita langsung melihat dan mengetahui objek yg kita pelajari dan suasana belajar nya tidak hanya terlalu fokus terhadap ruangan yg itu itu saja
Nama saya Azva wulandari Prodi IKM A REG kelasw 2d kelompok 4,
BalasHapussaya lebih suka diskusi karna kita dapat melatih diri kita untuk berani mengungkapkan pendapat sendiri dan berpikir secara tepat,logis dan obyektif.
Dan dengan berdiskusi kita juga bisa bertukar pikiran,pendapat dan ide sehingga memperoleh pengertian yang tepat dalam menghadapi suatu masalah.
Terimakasih :D
assalamualaikum wr.wb
BalasHapusnama : Tri wahyu lestari
kelompok : 4
semester : 1
prodi : IKM A Reguler
menurut saya ,saya lebih memilih metode pembelajaran study tour . karena menurut saya metode ini kita dapat secara langsung mengetahui objek yg akan kita pelajari dan kita lebih dapat mengingat ingat nya
assalamualaikum
BalasHapusnama : muhammad al hafiz
kelompok : 4
semester :1
prodi : IKM A Reguler
menurut saya ,saya lebih menyukai metode pembelajaran secara diskusi karena kita dapat bertukar pikiran dengan teman kita
nama saya elda gustiani,prodi IKM A REG,KELAS 2D,KEL 4
BalasHapussaya lebih suka metode study tour( karya wisata)
saya memilih metode ini karna saya lebih suka memahami suatu objek,dan mudah di mengerti,di samping itu jga bisa mereplesingkan pikiran...
assalamualaikum
BalasHapusnama lengkap saya ROMI WAHYUNI prodi IKM 1A REG kelas 3J kelompok 5 saya lebih suka metode belajar diskusi karena menurut saya belajar diskusi itu melatih diri kita untuk menjadi berani mengemukakan pendapat atau ide.
terimakasih buk.
wassalam.
nama saya wirda fitri,prodi IKM A REG,KELAS 2D,KEL 4
BalasHapussaya lebih suka metode study tour( karya wisata)
saya memilih metode ini karna saya lebih suka memahami suatu objek dan juga menyenangkan.
terimakasih...
nama saya wirda fitri,prodi IKM A REG,KELAS 2D,KEL 4
BalasHapussaya lebih suka metode study tour( karya wisata)
saya memilih metode ini karna saya lebih suka memahami suatu objek dan juga menyenangkan.
terimakasih....
Nama : HAditya Dimas Primadian(ketua)
BalasHapuskelompok:4
Semester :1
Prodi :IKM A REGULER.
Menurut Saya.saya lebih memilih metode pembelajaran diskusi.Karena pada saat diskusi berlangsung para mahasiswa dapat berdebat/bertukar pikiran dengan teman mahasiswa lain nya dan dibawah nauangan dosen mata kuliah tersebut>
assalamualaikum wr.wb buk
BalasHapusnama saya nanda eka puta prodi ikm 1A reguker kelompok 5
metode yg saya sukai metode study tour (karya wisata) karena membuat suasana menarik dan membuat siswa lebih cepat bertambah wawasan nya.
Assalamu'alaikum Wr.Wb
BalasHapusNama : Syarifa Rahmania
Prodi : IKM A Reg
Kelas : 2 D
Kelompok : 4(empat)
Menurut saya berdasarkan keterangan di atas saya akan memilih Metode Diskusi karena metode tersebut dapat membuat peserta diskusi :
-mengemukakan pendapat yang ia punya.
-menemukan buah pikiran dari berbagai sudut pandang.
-mengembangkan wacana/bahan yang di bahas secara lebih umum, lebih detail secara bersama-sama.
-melatih peserta diskusi cara menyampaikan pendapat yang baik dan benar.
-melatih peserta diskusi menghargai dan menerima pendapat orang lain.
-melatih loyalitas terhadap peserta diskusi yang lain.
-mampu mengaplikasi kan apa yang ingin di sampai kan dengan baik dan benar kepada peserta diskusi lain dan kalangan umum.
-penggunaan waktu yang efektif karena mampu mendapatkan hasil diskusi dengan lebih cepat dan intensif.
Sekian alasan yang dapat saya sampaikan dari wacana di atas.
wassalam... :)
Nama : Hanny Wijaya
BalasHapusKelompok :4
Semester :1
Prodi :IKM
Menurut saya,saya memilih metode pelajaran Study tour.Karena disaat kita belajar kita juga dapat merelaksasikan pikiran kita dengan melihat keindahan alam sekitar.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusnama saya ika putri pratiwi,prodi IKM A reg,kelas 1,kelompok 4
BalasHapussaya memilih metode study tour(karya siswa)
karena metode ini sangat menyenang kan,dan mudah memahi nya,,
terimakasih
Nama : TRI YULANDA
BalasHapusKelompok : 4
Kelas : 2D
Prodi : IKM A REG
metode pembelajaran yang saya pilih yaitu diskusi
karena dengan metode ini antar mahasiswa/i dapat saling tukar pikiran dan dapat saling berinteraksi satu sama lain dengan baik.
terimakasih
nama nora marika
BalasHapuslokal 2D
prodi IKM A REG
KEL 4
menurut saya saya menyukai study tour karena apabila selalu dalam ruangan akan menyebabkan rasa bosan bagi maha siswa. sekian bu, trimakasih
Nama saya Hajri alfendrah,prodi Ikm A Reg, klpk 5, saya memilih metode, Pemecahan masalah, karena Problem solving merupakan metde yang mransang berfkr sgn mngnkan wawasan,
BalasHapusAssalamualaikum
BalasHapusNama Saya SRI WAHYU NINGSIH,Prodi IKM A REG,Kelas 3J, Kelompok 5
Menurut saya metode yang baik adalah metode diskusi karna metode diskusi di dalamnya ada kegiatan tanya jawab sehingga kita dapat bertukar fikiran antara satu dengan lainnya tentang suatu pembelajaran
terimakasih
Nama lengkap saya Via Ancana,
BalasHapusProgram studi IKM A Reguler, Semester 1 kelompok 4 kelas IID kampus stikes hang tuah.
menurut saya metode pembelajaran yang cocok adalah study tour karena tidak membosakan dan lebih santai.
Assalamualaikum Nama lengkap saya Cut Anggie Waya Sirly,dari prodi IKM A reg kelompok 4 stikes hangtuah.
BalasHapusMenurut saya metode pembelajaran yg saya inginkan metode study tour,karna tidak membosankan dan tidak membuat mahasiswa atau mahasiswi jenuh dan juga lebih sangat santai lagi.Terima kasih
Nama saya :Richie Nurza
BalasHapusProdi :IKM A REG
Kelompok :4
Kelas :IID Stikes Hangtuah
Metode yang saya pilih metode study tour.Karna supaya tidak boring,Dengan study tour ini kita dapat melihat-melihat sambil mengerjakan tugas.
Wah.. sepertinya mayoritas sukanya metode study tour yaa.. meskipun utk metode diskusi dan ceramh jg mendominasi. terimasih atas komentarnya.. selamat malam.
BalasHapusnama azmi fadlulloh,prodi IKM A REG,kelas 2D,kelompok 4. saya suka metode study tour (karyawisata)
BalasHapuskarena saya belum pernah merasakan belajar sambil jalan-jalan.. dan ingin merasakan bagaimana rasanya pembelajaran study tour
terima kasih :D
coment nya udh telat.. deadline nya pukul 18.00 (6 sore)
HapusNama : denny kurniawan, prodi : IKM A REG,
BalasHapusKelas : II D(kelompok 4)
saya suka dengan metode ceramah plus karena metode ceramah plus mengajarkan lebih dari satu metode jadi mahasiswa lebih paham dan teliti terhadap metode pembelajaran, dan saya ingin bertanya apa kelebihan dan kekurangan metode ceramah plus ?
terima kasih :)
Nama : Al ramzy
BalasHapusprodi : IKM A Reguler
kelas : II C
kelompok : 3
saya lebih memilih metode Eksperimental karena di metode tersebut kita di tuntut untuk melakukan suatu penelitian dan membuktikannya. Dengan begitu, kita akan lebih mudah memahami dan mempelajari dari apa yang telah kita teliti tersebut.
Assalamualaikum . Wr wb
BalasHapusNama saya Dwi Novitasari , prodi ikm a reg , kelas II A , kelompok 1
Saya lebih suka metode study tour karena menurut saya metode study tour alasanya belajar tidak mesti di kampus (kelas) . Jadi bisa belajar di luar dan bisa membuka wawasan yang luas yang tidak hanya terfokus di kelas saja , dan terakhir mahasiswa membuat laporan dari penelitian tersebut ..
Nama : Juliana Arif
BalasHapusProdi : IKM A Reguler
Kelas : II A
Kelompok : 1
Saya lebih suka metode pembelajaran Diskusi karena di metode ini kita bisa bertukar pikiran dan kita bisa lebih mudah dalam memecahkan masalah yang sedang kita bahas.
Assalamualaikum . Wr wb
BalasHapusNama saya Robby Wahyudi , prodi IKM A Reguler, kelas II A, kelompok 1
Saya lebih suka metode diskusi, menurut saya dengan metodi ini mahasiswa dituntut untuk bisa berbicara dengan mapan.
Karena mahasiswa ikm bertujuan untuk memberikan penyuluhan ke masyaraka,oleh karena itu dengan metode diskusi ini siswa bisa belajar berbicara seperti didalam forum resmi.
Sehingga mahasiswa sudah terbiasa berbicara.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusAssalamualaikum wr wb
BalasHapusNama saya Intan maya sari , prodi ikm a reg , kelas II a , kelompok 1
Saya lebih suka metode demonstrasi , alasannya agar kita bisa belajar dengan efektif dan bisa menghasilkan sesuatu dengan baik ....
Nama : Anggi aruni sunardi
BalasHapusProdi :IKM A REG
KELAS :IIA
KELOMPOK :1
Saya lebih suka pembelajaran dengan metode diskusi, karena mengurangi kebosanan dalam belajar,dengan ada nya pemberian pendapat secara kritis dan masukan-masukan yang belum kita ketahui
dengan adanya diskusi , kita akan ada kan tanya jawab dengan
selamat siang bu, nama saya ikromil hadi, ikm a reg, kelompok 1, ruangan IIA.
BalasHapusmenurut saya Metode pembelajaran diskusi sangat bagus karena melibatkan dua orang peserta atau lebih untuk berinteraksi saling bertukar pendapat, jadi mahasiswanya lebih aktif begitupun dalam pemecahan masalah sehingga didapatkan kesepakatan diantara mereka.
dan akan meminimkan untuk mahasiswa ngantuk
nama :hayyu Deny setiawan
BalasHapusprodi:IKM A reg
kelompok:1
saya lebih suka metode diskusi karna diskusi lebih efektif ,kita bisa sharing antar teman , sehingga kita lebih mudah memahami materi dan dpt memecahkan suatu permasalahan melalui diskusi
Assalamualamualaikum,wr.wb
BalasHapusNAMA:IKHWAL NOVALDI
PRODI:IKM A REG
KLAS:IIA
KEL:1
Menurutsaya metode pembelajaran yang paling bagus adalah metode diskusi,karna dengan seringnya kita derdiskusi,saling bertukar pikiran antara yang satu dengan yang lainnya,maka kita akan lebih muda menamukan prrmasalahan ataupun inti dari suautu penbelajaran yang kita hadapi.
Nama : iqbal khailani
BalasHapusprodi : IKM A Reguler
kelas : II A
kelompok : 1
menurut saya lebih baik sering diskusi karena mahasiswa d tuntut lebih aktif dan suasana kelas lebih hidup.
Nama : Putri wulandari
BalasHapusProdi : IKM A REG
Kelas :II A
KELOMPOK :1
saya lebih suka pembelajaran metode diskusi,sebab dalam belajar tersebut kita dapat mengerjakannya bersama-sama dan memecahkan suatu tugas mendapatkan banyak pendapat dari beberapa pihak.
Nama : Mia Sari
BalasHapusProdi : IKM
Kelas :II A
Kelompok: 1
Metode :Materi Dan Diskusi
Alasan : Karna dengan metode ini mahasiswa lebih mudah menerima pembelajaran matakuliah itu sendiri
assalamualikum,wr.wb
BalasHapusNAMA:MHD.RIDHO HANDANI
PRODI:IKM A REG
KLAS:IIA
KEL:1
Menurut saya metode pembelajaran yang paling enak adalah diskusi karna dengan diskusi kita lebih enak membicarakan masalah pembelajaran yang penting dan metode diskusi itu menyelesaikan masalah dengan kelompok.
Nama :Linda Ratna Purnama Sari
BalasHapusProdi :IKM A REG
Kelompok : 1
Saya lebih menyukai metode pembelajaran diskusi karena dengan metode ini antara mahasiswa dan mahasiswi dapat saling tukar menukar pikiran dan dapat saling berinteraksi satu sama lain dengan baik.
Terimakasih
Nama : Nonny Sundari
BalasHapusPriodi : IKM A REG
Kelas : II A
Kelompok : 1 (satu)
Menurut saya metode diskusi lebih efek digunakan saat pembelajaran karena di metode ini mahasiswa/i dituntut untuk lebih aktif saat proses pembelajaran dan melatih mental untuk mengemukakan pendapat.
Assalamualaikumwr wb
BalasHapusNama saya Nursaiyah , prodiikm a reg , kelas II a kelompok 1
Pendapat saya , saya lebih suka eengan metode cramah plus karena banayak kelebihan kelabihan yang terkandung dalam metode ini misalnyaseperti tanya jawab , diskusi , dan tugas , di sini kita bisa menanyakan pertanyaan yang tidak kita ketahui dan menyelesaikannya dengan bersama . Dengan cara iu juga kita lebih memahami dan mengerti dengan pelajaran yang sedang di bahas ..
Nama : Filda Wahyuni
BalasHapusProdi : IKM A Reguler
Kelas : II A
Kelompok : 1
Metode : Diskusi dan Demontrasi
Karena menurut saya dengan metode diskusi dan demontrasi akan lebih menyenangkan dibandingkan dosen yang hanya ceramah/memberi materi saja didepan,dan dengan metode ini mahasiswa tidak akan merasa jenuh dengan mata kuliah itu sendiri.
nama: ayu nita amelia
BalasHapusprodi: IKM A Regular
kelas: II A kelompok 1
saya lebih suka dengan metode study tour karena kita bisa lebih menambah wawasan pembelajaran,bisa mengetahui pengetahuan lainnya dalam suatu objek dan supaya tidak merasakan bosan dalam belajar.
Assalamualaikum wr wb
BalasHapusNama saya Ade Rimayani , prodi ikm a reg , kelas II a kelompok 1
Menurut saya metode ceramah plus , karena di metode ini aa diskusinya , ada ceramahnya , ada tanya jawab dan ada tugasnya juga , jadi enak belajarnya tidak suntuk dan lebih efektif ..
Nama : Nur Sri Rahayu
BalasHapusProdi : IKM A REG
Kelas : II A
Kelompok 1
saya lebih suka mengenai metode pembelajaran dengan diskusi karena dengan metode tersebut materi yang diberikan dapat dengan mudah terselesaikan karena adanya kerjasama antar kelompok
sekian pendapat saya,terimakasih
Assalamu'alaikum...
BalasHapusNama saya Berta Sari Ramadani,prodi IKM A Reg,kelas IIA,kelompok 1...
Saya lebih suka metode nomor 4 yaitu metode ceramah plus..
Karena mahasiswa bisa mendapatkan banyak hal..
Mulai dari penjelasan dosen,diskusi,tugas2 yg nantinya akan bisa didiskusikan bersama,juga bisa mendapatkan latihan2 yg berhubungan dengan topik pembelajaran terkait..
Sehingga suasana tidak monoton dan membosankan..
Karena setiap org di dalam kelas dapat terlibat secara aktif..
Dan antara dosen juga mahasiswa dapat terjalin komunikasi yg baik..
Nama : Vioni Gusfaringga
BalasHapusProdi: IKM A REG
kelas: II A
Kelompok: 1
menurut saya,saya lebih memilih Metode Study Tour (Karya wisata)
karena saya lebih suka belajar sambil mengenal langsung apa yg dipelajari,jadi saya lebih bisa mengingat apa yg sudah saya lihat sendiri dengan langsung,dan lebih mengasyikan dgn cara seperti itu agar lebih cepat mengingat.terimakasih.
Nama : suwarni
BalasHapusPriodi : IKM A Reguler
Kelas : II C
Kelompok : 3
saya lebih memilih metode pembelajaran study tour karena
belajar diluar itu lebih menyenangkan karna bisa melihat langsung objek yang kita tuju dan selain itu memberi wawasan yang luas
Assalamualaikum wr wb
BalasHapusNama saya Ade Rimayani , prodi ikm a reg , kelas II a kelompok 1
Menurut saya metode ceramah plus , karena di metode ini aa diskusinya , ada ceramahnya , ada tanya jawab dan ada tugasnya juga , jadi enak belajarnya tidak suntuk dan lebih efektif ..
Nama : SRI MARDIAH
BalasHapusprodi: IKM A REG
Kelas: II A
Kelompok : 1
saya lebih memilih metode diskusi karena di metode ini bisa menjalin kerja sama dalam suatu kelompok dan juga bisa mengajarkan mahasiswa lainnya untuk bisa berani tampil didepan tanpa merasa takut atau gugup.
Nama : RETNO SANDI
BalasHapusprodi : IKM A Reguler
kelas : II A
kelompok : 1
metode :diskusi
karena dengan metode ini mahasiswa lebih aktif dikelas dan lebih mudah bekerja sama antara satu dengan yang lainnya dan dapat memecahkan suatu masalah.
Nama : SELVIANI HASAN
BalasHapusProdi :IKM A REGULER
Kelas : II A
Kelompok :1
saya lebih memilih study tour,karna dengan metode ini kita bisa mengamati salah satu objek disana dan suasana disana tidak membikin kita boring.
Assalamualaikum.WR.WB.
BalasHapusNama saya Desi Marnis, prodi IKM A reg, kelas IIA, kelompok 1.
Saya lebih suka metode diskusi karna metode diskusi ini tempat dimana kita bisa bertukar pendapat dan dari metode diskusi ini kita bisa mengetahui siapa yg aktif dan siapa yg tidak aktif.
Nama: Ria resti
BalasHapusProdi: IKM A REG
kelas: II A
k3elompok: 1
saya lebih suka mengenai metode pembelajaran diskusi karena dengan metode diskusi kita bisa mengeluarkan pendapat lebih dari 1 atau 2 orang dan kita juga bisa saling tukar pikiran.
sekian pendapat dari saya,Terimakasih
Nama : FAHRUR ROZIE
BalasHapusprodi : IKM A Reguler
kelas : II A
kelompok : 1
metode :diskusi
karena dg berdiskusi mahasiswa lebih mudah mencerna metode pembelajaran.
Nama:fitriani awdika
BalasHapusprodi:IKM A REG
kelas:II A
kelompok: 1
saya lebih suka mengenai metode pembelajaran diskusi karena bisa bertukar pikiran 1 sama lain,dan dengan demikian kita bisa menyelesaikan pembahasan dengan cepat.
sekian pendapat saya.terimakasih
assalamualaikum
BalasHapusnama saya Nonny Hasriany, prodi IKM A Reguler kelas IIA kelompok 1, saya lebih suka metode pembelajaran study tour karena menurut saya pembelajaran study tour ini kita tidak semestinya didalam kelas dan kita akan lebih mudah mendapatkan ide ide yang pas untuk pemeblajaran kita dan akan lebih mempermudah kita memahami suatu pembelajaran tersebut. sekian komentar dari saya,terimakasih.
NAMA:RETNO FITRIYANI
BalasHapusPRODI:IKM A REGULER
KELAS:II A KELOMPOK 1
menurut saya,saya lebih suka dengan adanya metode diskusi, karena dalam metode ini kita lebih menberanikan diri untuk mengeluarkan pendapat,serta dapat bertukar pikiran.
Assalamualaikum WR.WB.
BalasHapusNama saya Wulandari, prodi IKM A reg, kelas IIA, kelompok 1.
Saya lebih suka metode diskusi,dengan metode diskusi kita tidak akan mengantuk karena kita sama-sama mencari solusi atau pemecahan dari suatu masalah.
NAMA:NOPITA SARI.M
BalasHapusPRODI:IKM A REGULER
KELAS:II A KELOMPOK 1
Saya lebih suka metode diskusi karna metode diskusi ini tempat dimana kita bisa mengeluarkan pendapat di depan orang ramai,dan bisa bertukar pikiran .dan juga bisa berani tampil didepan tanpa merasa takut atau gugup.
NAMA:NOPITA SARI.M
BalasHapusPRODI:IKM A REGULER
KELAS:II A KELOMPOK 1
Saya lebih suka metode diskusi karna metode diskusi ini tempat dimana kita bisa mengeluarkan pendapat di depan orang ramai,dan bisa bertukar pikiran .dan juga bisa berani tampil didepan tanpa merasa takut atau gugup.
Nama :Sella Mursyida
BalasHapusProdi : IKM A REGULER
Kelas : II A
Kelompok : 1
saya lebih memilih Metode Study Tour (Karya wisata)
karena saya lebih bisa mengenal langsung apa yg saya pelajari dan bisa mengetahui bagaimana metode Metode Study Tour (Karya wisata).terimakasih.
NAMA:NOPITA SARI.M
BalasHapusPRODI:IKM A REGULER
KELAS:II A KELOMPOK 1
Saya lebih suka metode diskusi karna metode diskusi ini tempat dimana kita bisa mengeluarkan pendapat di depan orang ramai,dan bisa bertukar pikiran .dan juga bisa berani tampil didepan tanpa merasa takut atau gugup.
assalamualaikum wr wb
BalasHapusnama saya abriansyah putra ,prodi ikm A reguler smster 1 klompok 3
saya lbih suka ibuk memakai sistem kerja kelompok dan memperbnyak persentasi atau praktek yg trus mnerus karna supaya bisa membangkitkan mental para mahasiswa yg nantinya dpat menjadi lebih terampil dalam bidangnya atau berbicara pada khalayak banyak
terima kasih buk
wasalam
Nama`````: Siti Nurilah
BalasHapusProdi````: IKM A Reguler
Kelas ```: IIA
Kelompok : 1
Metode : Diskusi
alasan saya memilih metode diskusi, karena metode diskusi adalah metode yang membuat mahasiswa menjadi lebih aktif dalam proses penggalian materi sehingga dalam memecahkan masalah lebih mudah di selsaikan.
Nama :melly mulyawati
BalasHapusProdi :IKM A Reguler
Kelas :II A
Kelompok :1
Pendapat :Metode pembalajaran yang saya pilih adalah METODE PEMBALAJARAN STUDY TOUR(Karya wisata), karena pembelajaran tidak hanya terfokus di dalam kelas, tetapi dapat juga di lakukan di luar kelas, dengan melakukan metode study tour dapat menghilangkan tingkat kejenuhan mahasiswa terhadap mata kuliah, dan mahasiswa juga dapat turun ke lapangan dan mempratekkan materi pembelajaran, sehingga mahasiswa lebih dapat memahami dan juga bisa menambah pengalaman.
Nama : Chaliza Beby Rahayu Putri
BalasHapusProdi : IKM A REG
Kelas : IIA
Kelompok : 1 (satu)
Saya lebih suka metode project method karena saya merasa metode itu sejalan dengan program STC di stikes saat ini.
assalamualaikum wr wb
BalasHapusNama :DESTI SAFITRI
PRODI :IKM A REG
KELAS :IIA
KELOMPOK :1 SATU
Menurut saya metode yang paling enak adalah study tour karena dengan ,metode ini kita tidak akan bosan untuk belajar dan juga untuk menamba wawasan dan ilmu pengetahuan yang luas
sekian dari saya ,terimah kasih
Nama : Dewi Agustriana
BalasHapusProdi : IKM A Reguler
kelas : IIA
Kelompok : 1
metode: ketrampilan
saya memilih metode ketrampilan karena metode ini sangat efektif untuk mengajarkan mahasiswa untuk memiliki kebiasaan yang lebih terarah dan ketrampilan lebih terasah.
jadi dengan mengunakan metode ini di harapkan selain para mahasiswa siap dengan materi penyuluhan tentang kesehatanya, mahasiswa juga diharapkan mempunyai skill sebagai tambahn pengalaman dari ilmu.
Nama : Hadna dewi
BalasHapusProdi : Ikm A REG
kelompok : 1
kelas : II A
saya memilih metode study tour. Karna metode study tour dapt memicu minat mahasiswa untuk proses belajar, dengan proses pembelajaran yang dilakukan diluar ruangan serta memperlihatkan secara langsung objek yang dimaksud.
Nama : Yuni astuti
BalasHapusProdi : IKM A Reguler
kelas : IIA
Kelompok : 1
menurut saya metode pembelajaran study tour karna selain mendapat ilmu pengetahuan kita juga mendapat pengalaman dan mempererat keakraban dg tman yang lain. itulah manfaat nya
Assalamualaikum WR.WB.
BalasHapusNama : Wulandari
Prodi : IKM A reguler
Kelas : IIA
Kelompok : 1
Saya memilih metode diskusi, dengan metode diskusi kita saling mengadu pendapat dan sama-sama mencari solusi atau pemecahan dari suatu masalah.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus